LAPORAN HASIL DISKUSI PENDEKATAN KOMUNIKATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

PERTANYAAN-PERTANYAAN DAN JAWABAN



1) Dari : Mia Hermayanti Kelompok 1

Proses pembelajarannya bagaimana?

Jawab:

a. Kegiatan awal

- Mengkondisikan ruang belajar

- Mengkondisikan siswa/ mengelompokkan siswa

- Berdo’a sebelum memulai pelajaran

- Menyiapkan materi pelajaran

b. Kegiatan inti

- Memperkenalkan karya sastra misalnya sebuah drama

- Membacakan terlebih dahulu contoh teks drama dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai

- Menyuruh siswa untuk membacakan dialog teks drama tersebut sesuai dengan kelompoknya masing-masing

- Bertanya kepada siswa mengenai tingkasan dialog teks drama tesebut

- Menelaah dan mengkaji bersama-sama mengenai dialog teks drama tersebut

- Guru memberikan penjelasan mengenai isi dan pesan dari dialog teks drama tersebut

c. Kegiatan akhir

- Memberikan pekerjaan rumah berupa membuat dialog teks drama dengan tema yang berbeda-beda

- Melakukan evaluasi dan penilaian



2) Dari Elsa Mariana Kelompok 2

Seperti apakah bentuk-bentuk eksplisit dan implisit dan kemampuan apa yang diharapkan?

Jawab : bentuk eksplisit yaitu seperti dongen drama, dll.

Eksplisit ini merupakan bentuk karya sastra yang maknanya tersurat (mudah atau bisa langsung dipahami siswa setelah siswa menyimak dan membacanya).

Sedangkan bentuk implisif yaitu seperti puisi, syair, sajak, dll. Implisit ini merupakan bentuk karya sastra yang mengandung makna tersirat (kiasan) dimana anak dituntut untuk memahami secara mendalam karya tersebut.

Kemampuan yang diharapkan yaitu siswa memiliki keterampilan berbahasa yang mencakup menyimak, membaca menulis dan berbicara. Selain itu juga siswa diharapkan dapt mengembangkan kompetensi dan kemampuannya supaya dapat menafsirkan bentuk-bentuk linguistik baik yang berbentuk eksplisit maupun implisit.



3) Dari : Etih Suryani Kelompok 4

Bagaimana cara mengatasi siswa yang sulit mengungkapkan pikirannya.

Jawab :

dengan cara melatih siswa secara terus-menerus mengungkapkan segala imajinasi atau pengalamannya, baik itu melalui tulisan (karangan bebas) ataupun lisan.

Dari hal tersebut guru dapat mengetahui bagaimana menghadapi atau mencari solusi bagi siswa yang memiliki kesulitan dalam mengungkapkan pikirannya.



4) Dari : Novi Riani Kelompok 5

Apa kelebihan dan kelemahan dari pendekatan kumunikatif?

Jawab :

kelebihannya yaitu :

a. Mengembangkan keterampilan menggunakan bahasa secara bermakna yang bersifat humanis, yakni menempatkan siswa pada posisi aktif.

b. Penyajian materi dan kegiatan belajar berorientasi pada siswa

c. Bisa mengembangkan prosedur-prosedur bagi empat keterampilan berbahasa yang mencakup menyimak, membaca, menulis dan berbicara.

d. Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemahiran dan memenuhi kebutuhan berbahasanya.

e. Bisa mengungkapkan dan memahami sikap emosional maupun moral.

Kelemahannya yaitu :

Apabila seorang guru sulit atau tidak mempunyai kemampuan menyampaikan materi secara menarik ataupun kurang mampu memberikan stimulus terutama dalam berkomunikasi dengan peserta didik maka pembelajaran melalui pendekatan komunikatif ini siswa akan sulit merespon materi yang disampaikan.



5) Dari : Neng Elin Kelompok 6

Maksud penguasaan bahasa yang komunikatif

Jawab :

maksudnya ialah pembelajaran ini mengarahkan siswa untuk menguasai bahasa-bahasa dalam konteks komunikasi nyata dan penugasan yang bermakna bagi siswa yang bersifat humanis yakni menempatkan siswa pada posisi aktif untuk menafsirkan bentuk-bentuk linguistik baik itu bentuk eksplisit maupun implisit.