MAKALAH MODUL PEMBELAJARAN ETIK DAN HUKUM KEPERAWATAN



MAKALAH

MODUL PEMBELAJARAN

 ETIK  DAN HUKUM KEPERAWATAN

 

 
LEMBAR PENGESAHAN

 
Judul Modul Ajar                       : Etik dan Hukum Keperawatan


Nama Dosen Pengampu : -    Ns. Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed
-          Ns. Atih Rahayu Ningsih, M.Kep, Sp.kep.J
-          Gustafianof. MH



     Padang,  Agustus 2013
Koordinator,





(Ns. Lili Fajria, S.kep, M.Biomed)


Mengetahui dan Menyetujui:
Dekan Fakultas Keperawatan







( Prof.Dr. H. Dachriyanus, Apt )










RANCANGAN PEMBELAJARAN

Nama Mata Kuliah    : Etik dan Hukum Keperawatan                                        sks       : 2 sks
Program Studi           :  Ilmu Keperawatan                                                             Pertemuan ke: 2 dan 3
Fakultas                     :  Keperawatan                                                                     

KOMPETENSI MATA KULIAH  : Mampu menerapkan aspek etik dan legal didalam praktik keperawatan, serta berkemampuan untuk  menfasilitasi dalam pengambilan keputusan secara etis.

Matriks Pembelajaran :
Minggu ke-
Kemampuan akhir yang diharapkan
Materi/Pokok Bahasan
Strategi Pembelajaran
Latihan yang dilakukan
Kriteria Penilaian (Indikator)
Bobot
1

Mahasiswa mampu termotivasi untuk mencapai kompetensi akhir pembelajaran

Rancangan Pembelajaran, pengantar motivasi (ice breaking), Form Harapan
Terkait dengan etik dan hukum (dikaitkan dengan teori etik dan hukum)
Penjelasan oleh dosen mengenai proses pembelajaran yang akan dilakukan

Menuliskan harapan yang akan dicapai
Menonton film motivasi
Membagi kelompok @5 orang


2
Mampu menjelaskan semua konsep tentang etik di dalam keperawatan

Soft Skill :
- Kerja tim, 
- Komunikasi 
  Efektif


1.   Teori-teori Etik Kep.
-       Teleology
-       Deontology
2.   Istilah-istilah etik dan hukum dalam kep
3.   Perbedaan masing-masing istilah
4.   Prinsip etik keperawatan
-    Small Group Discussion
-    Berdiskusi di kelompok
-    Menjawab LK 1 terkait dengan penugasan yang berhubungan dengan prinsip etik dalam keperawatan
-    Jawaban dibuat makalah maksimal 10 lembar
-    Presentasikan di depan kelas
Ketepatan Penjelasan; Daya Tarik dalam mengkomunikasikan hasil pada saat presentasi
10%







Minggu ke-
Kemampuan akhir yang diharapkan
Materi/Pokok Bahasan
Strategi Pembelajaran
Latihan yang dilakukan
Kriteria Penilaian (Indikator)
Bobot
3-4
Mampu mengidentifikasi nilai-nilai profesional keperawatan, nilai etik, prinsip-prinsip moral yang diintegrasikan kedalam
Soft Skill:
-       Caring

-    Nilai profesional kep
-    Prinsip etik kep
-    Prinsip moral


SGD
Case Study
-    Berdiskusi di kelompok
-    Menjawab LK 2 terkait dengan penugasan yang berhubungan dengan nilai profesional, prinsip etik dan moral dalam keperawatan
-    Jawaban dibuat makalah maksimal 10 lembar
-    Presentasikan di depan kelas
Ketepatan Penjelasan; Daya Tarik dalam mengkomunikasikan hasil pada saat presentasi
25%
5-6
Mampu menyelesaikan permasalahan etik didalam keperawatan


1.    Kelalaian dan Malpraktik dalam keperawatan
2.    Privasi, confidentiality, dan hubungan catatan askep
3.    Mengakhiri kehidupan
4.    Standard askep
(Kaitkan dengan konsep etik dan hukum)
-    Problem based Inquiry learning
-    Berdiskusi di kelas dan saat tutorial
-    Menjawab LK 2 terkait dengan penugasan yang berhubungan dengan kelalaian dan malpraktik
-    Jawaban dibuat paper maksimal 8 lembar
-    Presentasikan di depan kelas
Ketepatan Penjelasan; Daya Tarik dalam mengkomunikasikan hasil pada saat presentasi
20%
7-8

Merancang langkah-langkah mengambil  keputusan dalam menyelesaikan masalah kep


1.    Konsep pengambilan keputusan
2.    Teori dalam pengambilan keputusan
3.    Dasar-dasar pengambilan keputusan
Small group discussion dan
Simulasi
-    Memilih subjek dan objek permasalahan di keperawatan yang dicarikan solusinya perilaku (LK2)
-    Mendesain program penyelesaian masalah
-    Mensimulasikan  penyelesaian masalah di kelas

Ketepatan Penjelasan; Daya Tarik dalam mengkomunikasikan hasil pada saat simulasi

Komunikasi  dan kreativitas
35%



Minggu ke-
Kemampuan akhir yang diharapkan
Materi/Pokok Bahasan
Strategi Pembelajaran
Latihan yang dilakukan
Kriteria Penilaian (Indikator)
Bobot
9-12
Mampu mengintegrasikan nilai-nilai etik dan hukum kep. kedalam organisasi

-   Budaya organisasi
·         Nilai-nilai professional
-   Perilaku Caring sebagai dasar etik

Case study
-    Kasus pemicu terkait aspek etik dan hukum kesehatan/keperawatan
-    Mahasiswa membuat laporan
-    Mempresentasikan hasil diskusi

Ketepatan Penjelasan; Daya Tarik dalam mengkomunikasikan hasil pada saat presentasi
25 %
Komunikasi
Demonstrasi (kreativitas)

-    

nilai etik dan hokum keperawatandalam menjalankan peran  sebagai seorang perawat.
-    Menyusun cara berkomunikasi yang baik dan efektif dalam mengimplementasikan nilai-nilai etik pada saat menghadapi kasus
-    Melaporkan hasil diskusi kelp
-    Mempresentasikan hasil di kelas



13-14


Mampu menjelaskan konsep tentang hukum keperawatan


1.    Pengaruh hukum terhadap perkembangan profesi kep.
2.    Sumber utama hukum di keperawatan
3.    Perbedaan hukum substantif dan hukum prosedural dan antara
hukum pidana dan hukum perdata.
4.    Perbedaan hukum kontrak dan hukum gugatan.
5.    Sistem peradilan, termasuk negara dan pengadilan federal
sistem.
6.    Hukum pidana berlaku untuk perawatan
7.    Prosedur proses pidana.
8.    Menerapkan perubahan melalui proses melobi.
9.    Cara mengatasi dilema hukum dan etis.di keperawatan

-    Problem based Inquiry learning
-    Berdiskusi di kelas dan saat tutorial
-    Menjawab LK 1 terkait dengan penugasan yang berhubungan dengan prinsip etik dalam keperawatan
-    Jawaban dibuat paper maksimal 8 lembar
-    Presentasikan di depan kelas
Ketepatan Penjelasan; Daya Tarik dalam mengkomunikasikan hasil pada saat presentasi
10%













RANCANGAN TUGAS

Nama Mata Kuliah :  Etik dan Hukum Keperawatan                                                sks       : 2 sks
Program Studi         :  Ilmu Keperawatan                                                                     Pertemuan ke: 2-3
Fakultas                   :  Kedokteran                                                                                

A.TUJUAN TUGAS: menjelaskan semua konsep tentang etik dan hukum di dalam keperawatan

B. URAIAN TUGAS:
1.      Obyek Garapan   : Teori etik dan hukum di keperawatan
2.      Batasan yang harus dikerjakan:
a.     Teori-teori Etik Kep.
a.         Teleology
b.        Deontology
b.    Istilah-istilah etik dan hukum dalam kep
c.     Perbedaan masing-masing istilah
d.    Prinsip etik kep

Menggunakan buku dan sumber lain yang memuat konsep diatas. Diutamakan menggunakan buku ”Ethics in Nursing: The Caring Relationship” karangan Verena Tschudin, (2003-2007), ”Nursing Ethics A Virtue-Based Approach” karangan Alan E. Armstrong, (2007).

Setiap batasan diatas, diuraikan berdasarkan terori dan contoh untuk masing-masing bahasan dalam kehidupan nyata atau kondisi yang sering ditemukan di lalah praktik :

      c. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
§  Menjawab pertanyaan yang ada di Lembar Kerja 1 (LK1)
§  Menuliskan dalam model makalah
§  Mempresentasikan hasil makalah ke depan kelas

      d. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Paper mengenai summary semua konsep yang berlaku dalam keperawatan maksimal 10 halaman. Dijilid dan diketik dengan komputer dengan font: Times New Roman (12), dengan spasi 1.5




C. KRITERIA PENILAIAN
1. Ketepatan penjelasan
2. Daya Tarik Komunikasi
a. komunikasi tertulis
b. Komunikasi lisan

GRADING SCHEME

KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN
DIMENSI
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Batas
Kurang Memuaskan
Di bawah standard
SKOR
KELENGKAPAN KONSEP
Lengkap dan integratif
Lengkap
Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap
Hanya menunjukkan sebagian konsep saja
Tidak ada konsep

KEBENARAN KONSEP
Diungkapkan dengan tepat, aspek penting tidak dilewatkan, bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep
Diungkap dengan tepat, namun deskriptif
Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun masih ada yang terlewatkan
Kurang dapat mengungkapkan aspek penting, melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh
Tidak ada konsep yang disajikan


KRITERIA 2a: KOMUNIKASI TERTULIS
DIMENSI
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Batas
Kurang Memuaskan
Di bawah standard
SKOR
BAHASA PAPER
Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu konsep lebih dalam
Bahasa menambah informasi pembaca
Bahasa deskriptif, tidak terlalu menambah pengetahuan
Informasi dan data yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan
Tidak ada hasil

KERAPIAN PAPER
Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca
Paper cukup menarik, walau tidak terlalu mengundang
Dijilid biasa
Dijilid namun kurang rapi
Tidak ada hasil




KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN

DIMENSI
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Batas
Kurang Memuaskan
Di bawah standard
SKOR
ISI
Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam
Menambah wawasan
Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber
Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya
Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah

ORGANISASI
Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik
Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan
Tidak didukung data, namun menyampaikan informasi yang benar
Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya
Tidak mau presentasi

GAYA PRESENTASI
Menggugah semangat pendengar
Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja memandang catatan
Lebih banyak membaca catatan


Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan)
Tidak berbunyi



LAMPIRAN – LAMPIRAN:

1.      Lecture Notes: power point
2.      Lembar Kerja
3.      Selected Reading Material (daftar alamat web; buku; print out artikel; fotocopy)









RANCANGAN TUGAS

Nama Mata Kuliah :  Etik dan Hukum Keperawatan                                                sks       : 2 sks
Program Studi        :  S.1 Keperawatan                                                                         Pertemuan ke: 4-6                                                                                                          
Fakultas                  :  Keperawatan                                                                              

A.TUJUAN TUGAS: menjelaskan semua konsep tentang hukum di keperawatan

B. URAIAN TUGAS:
1.      Obyek Garapan   : Teori etik dan hukum di keperawatan

2.      Batasan yang harus dikerjakan:
a.             Pengaruh hukum terhadap perkembangan profesi kep.
b.             Sumber utama hukum di keperawatan (Kode etik Keperawatan dan draff UU. Kep)
c.             Perbedaan hukum substantif dan hukum prosedural
d.            Perbedaan hukum kontrak dan hukum gugatan.
e.             Hukum pidana berlaku untuk perawatan
f.              Prosedur proses pidana.
g.             Menerapkan perubahan melalui proses melobi.
h.             Cara mengatasi dilema hukum dan etis.di keperawatan

Menggunakan buku dan sumber lain yang memuat konsep diatas. Diutamakan menggunakan buku ”Ethics in Nursing: The Caring Relationship” karangan Verena Tschudin, (2003-2007), ”Nursing Ethics A Virtue-Based Approach” karangan Alan E. Armstrong, (2007).

      c. Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
§  Menjawab pertanyaan yang ada di Lembar Kerja 1 (LK1)
§  Menuliskan dalam model makalah
§  Mempresentasikan hasil makalah ke depan kelas

      d. Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Paper mengenai summary semua konsep yang berlaku dalam keperawatan maksimal 10 halaman. Dijilid dan diketik dengan komputer dengan font: Times New Roman (12), dengan spasi 1.5




C. KRITERIA PENILAIAN
1. Ketepatan penjelasan
2. Daya Tarik Komunikasi
a. komunikasi tertulis
b. Komunikasi lisan

GRADING SCHEME

KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN
DIMENSI
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Batas
Kurang Memuaskan
Di bawah standard
SKOR
KELENGKAPAN KONSEP
Lengkap dan integratif
Lengkap
Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap
Hanya menunjukkan sebagian konsep saja
Tidak ada konsep

KEBENARAN KONSEP
Diungkapkan dengan tepat, aspek penting tidak dilewatkan, bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep
Diungkap dengan tepat, namun deskriptif
Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun masih ada yang terlewatkan
Kurang dapat mengungkapkan aspek penting, melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh
Tidak ada konsep yang disajikan


KRITERIA 2a: KOMUNIKASI TERTULIS
DIMENSI
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Batas
Kurang Memuaskan
Di bawah standard
SKOR
BAHASA PAPER
Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu konsep lebih dalam
Bahasa menambah informasi pembaca
Bahasa deskriptif, tidak terlalu menambah pengetahuan
Informasi dan data yang disampaikan tidak menarik dan membingungkan
Tidak ada hasil

KERAPIAN PAPER
Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca
Paper cukup menarik, walau tidak terlalu mengundang
Dijilid biasa
Dijilid namun kurang rapi
Tidak ada hasil



KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN

DIMENSI
Sangat Memuaskan
Memuaskan
Batas
Kurang Memuaskan
Di bawah standard
SKOR
ISI
Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih dalam
Menambah wawasan
Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari beberapa sumber
Informasi yang disampaikan tidak menambah wawasan bagi pendengarnya
Informasi yang disampaikan menyesatkan atau salah

ORGANISASI
Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar dapat mengkompilasi isi dengan baik
Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta yang disampaikan
Tidak didukung data, namun menyampaikan informasi yang benar
Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya
Tidak mau presentasi

GAYA PRESENTASI
Menggugah semangat pendengar
Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja memandang catatan
Lebih banyak membaca catatan


Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan)
Tidak berbunyi



LAMPIRAN – LAMPIRAN:

1.      Lecture Notes: power point
2.      Lembar Kerja
3.      Selected Reading Material (daftar alamat web; buku; print out artikel; fotocopy)