MAKALAH
MODUL PEMBELAJARAN
ETIK DAN HUKUM KEPERAWATAN
LEMBAR PENGESAHAN
Judul Modul Ajar : Etik dan Hukum Keperawatan
Nama Dosen Pengampu : - Ns. Lili Fajria, S.Kep, M.Biomed
-
Ns. Atih
Rahayu Ningsih, M.Kep, Sp.kep.J
-
Gustafianof.
MH
Padang,
Agustus 2013
Koordinator,
(Ns. Lili Fajria, S.kep, M.Biomed)
Mengetahui dan Menyetujui:
Dekan Fakultas Keperawatan
( Prof.Dr. H. Dachriyanus, Apt )
RANCANGAN PEMBELAJARAN
Nama Mata Kuliah : Etik dan Hukum Keperawatan sks : 2 sks
Program Studi : Ilmu Keperawatan Pertemuan
ke: 2 dan 3
Fakultas : Keperawatan
KOMPETENSI MATA KULIAH : Mampu menerapkan aspek etik dan
legal didalam praktik keperawatan, serta
berkemampuan untuk menfasilitasi dalam pengambilan
keputusan secara etis.
Matriks Pembelajaran :
Minggu
ke-
|
Kemampuan
akhir yang diharapkan
|
Materi/Pokok Bahasan
|
Strategi Pembelajaran
|
Latihan yang dilakukan
|
Kriteria Penilaian
(Indikator)
|
Bobot
|
1
|
Mahasiswa mampu
termotivasi untuk mencapai kompetensi akhir pembelajaran
|
Rancangan Pembelajaran, pengantar motivasi (ice
breaking), Form Harapan
Terkait dengan etik dan hukum (dikaitkan dengan
teori etik dan hukum)
|
Penjelasan oleh dosen
mengenai proses pembelajaran yang akan dilakukan
|
Menuliskan harapan yang
akan dicapai
Menonton film motivasi
Membagi kelompok @5 orang
|
||
2
|
Mampu
menjelaskan semua konsep tentang etik di dalam keperawatan
Soft
Skill :
-
Kerja tim,
-
Komunikasi
Efektif
|
1. Teori-teori Etik Kep.
-
Teleology
-
Deontology
2. Istilah-istilah etik dan hukum dalam kep
3. Perbedaan masing-masing istilah
4. Prinsip etik keperawatan
|
- Small Group Discussion
|
- Berdiskusi di kelompok
- Menjawab LK 1
terkait dengan penugasan yang berhubungan dengan prinsip etik dalam
keperawatan
- Jawaban dibuat makalah
maksimal 10 lembar
- Presentasikan
di depan kelas
|
Ketepatan Penjelasan; Daya
Tarik dalam mengkomunikasikan hasil pada saat presentasi
|
10%
|
Minggu
ke-
|
Kemampuan
akhir yang diharapkan
|
Materi/Pokok Bahasan
|
Strategi Pembelajaran
|
Latihan yang dilakukan
|
Kriteria Penilaian
(Indikator)
|
Bobot
|
3-4
|
Mampu mengidentifikasi nilai-nilai profesional keperawatan, nilai etik,
prinsip-prinsip moral yang diintegrasikan kedalam
Soft Skill:
-
Caring
|
- Nilai profesional kep
- Prinsip etik kep
- Prinsip moral
|
SGD
Case
Study
|
- Berdiskusi di
kelompok
- Menjawab LK 2 terkait dengan penugasan yang berhubungan dengan nilai
profesional, prinsip etik dan moral dalam keperawatan
- Jawaban dibuat
makalah maksimal 10 lembar
- Presentasikan
di depan kelas
|
Ketepatan Penjelasan; Daya
Tarik dalam mengkomunikasikan hasil pada saat presentasi
|
25%
|
5-6
|
Mampu
menyelesaikan permasalahan etik didalam keperawatan
|
1. Kelalaian dan Malpraktik dalam
keperawatan
2. Privasi, confidentiality, dan hubungan
catatan askep
3. Mengakhiri kehidupan
4. Standard askep
(Kaitkan dengan konsep etik dan hukum)
|
- Problem based
Inquiry learning
|
- Berdiskusi di
kelas dan saat tutorial
- Menjawab LK 2
terkait dengan penugasan yang berhubungan dengan kelalaian dan malpraktik
- Jawaban dibuat
paper maksimal 8 lembar
- Presentasikan
di depan kelas
|
Ketepatan Penjelasan; Daya
Tarik dalam mengkomunikasikan hasil pada saat presentasi
|
20%
|
7-8
|
Merancang
langkah-langkah mengambil keputusan
dalam menyelesaikan masalah kep
|
1. Konsep pengambilan keputusan
2. Teori dalam pengambilan keputusan
3. Dasar-dasar pengambilan keputusan
|
Small group discussion dan
Simulasi
|
- Memilih subjek
dan objek permasalahan di keperawatan yang dicarikan solusinya perilaku (LK2)
- Mendesain
program penyelesaian masalah
- Mensimulasikan penyelesaian masalah di kelas
|
Ketepatan Penjelasan; Daya
Tarik dalam mengkomunikasikan hasil pada saat simulasi
Komunikasi
dan kreativitas
|
35%
|
Minggu ke-
|
Kemampuan akhir yang
diharapkan
|
Materi/Pokok Bahasan
|
Strategi Pembelajaran
|
Latihan yang dilakukan
|
Kriteria Penilaian (Indikator)
|
Bobot
|
9-12
|
Mampu mengintegrasikan nilai-nilai etik dan
hukum kep. kedalam organisasi
|
-
Budaya organisasi
·
Nilai-nilai professional
-
Perilaku Caring sebagai dasar
etik
|
Case
study
|
- Kasus pemicu terkait aspek etik
dan hukum kesehatan/keperawatan
- Mahasiswa membuat laporan
- Mempresentasikan hasil diskusi
|
Ketepatan Penjelasan; Daya Tarik dalam
mengkomunikasikan hasil pada saat presentasi
|
25 %
|
Komunikasi
Demonstrasi
(kreativitas)
|
-
|
nilai etik dan hokum keperawatandalam
menjalankan peran sebagai seorang
perawat.
- Menyusun cara berkomunikasi yang
baik dan efektif dalam mengimplementasikan nilai-nilai etik pada saat
menghadapi kasus
- Melaporkan hasil diskusi kelp
- Mempresentasikan hasil di kelas
|
||||
13-14
|
Mampu menjelaskan konsep tentang
hukum keperawatan
|
1.
Pengaruh
hukum terhadap perkembangan profesi kep.
2.
Sumber utama hukum di keperawatan
3.
Perbedaan hukum substantif dan hukum prosedural dan
antara
hukum pidana dan hukum perdata.
4.
Perbedaan hukum kontrak dan hukum gugatan.
5.
Sistem peradilan, termasuk negara dan pengadilan
federal
sistem.
6.
Hukum pidana berlaku untuk perawatan
7.
Prosedur
proses pidana.
8.
Menerapkan perubahan melalui proses melobi.
9.
Cara mengatasi dilema hukum dan etis.di keperawatan
|
- Problem based Inquiry learning
|
- Berdiskusi di kelas dan saat
tutorial
- Menjawab LK 1 terkait dengan
penugasan yang berhubungan dengan prinsip etik dalam keperawatan
- Jawaban dibuat paper maksimal 8
lembar
- Presentasikan di depan kelas
|
Ketepatan Penjelasan; Daya Tarik dalam
mengkomunikasikan hasil pada saat presentasi
|
10%
|
RANCANGAN TUGAS
Nama Mata Kuliah : Etik dan Hukum Keperawatan sks :
2 sks
Program Studi : Ilmu
Keperawatan Pertemuan
ke: 2-3
Fakultas :
Kedokteran
A.TUJUAN TUGAS: menjelaskan semua konsep tentang
etik dan hukum di dalam keperawatan
B. URAIAN TUGAS:
1. Obyek Garapan : Teori etik dan hukum di keperawatan
2. Batasan yang harus dikerjakan:
a.
Teori-teori Etik Kep.
a.
Teleology
b.
Deontology
b.
Istilah-istilah etik dan hukum
dalam kep
c.
Perbedaan masing-masing istilah
d.
Prinsip etik kep
Menggunakan buku dan sumber lain yang memuat
konsep diatas. Diutamakan menggunakan buku ”Ethics in Nursing: The Caring
Relationship” karangan Verena Tschudin, (2003-2007), ”Nursing Ethics A
Virtue-Based Approach” karangan Alan E. Armstrong, (2007).
Setiap batasan diatas, diuraikan
berdasarkan terori dan contoh untuk masing-masing bahasan dalam kehidupan nyata
atau kondisi yang sering ditemukan di lalah praktik :
c.
Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
§ Menjawab pertanyaan yang ada di Lembar
Kerja 1 (LK1)
§ Menuliskan dalam model makalah
§ Mempresentasikan hasil makalah ke depan
kelas
d.
Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Paper mengenai
summary semua konsep yang berlaku dalam keperawatan maksimal 10 halaman.
Dijilid dan diketik dengan komputer dengan font: Times New Roman (12), dengan
spasi 1.5
C. KRITERIA PENILAIAN
1. Ketepatan
penjelasan
2. Daya Tarik
Komunikasi
a. komunikasi tertulis
b. Komunikasi lisan
GRADING SCHEME
KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN
DIMENSI
|
Sangat Memuaskan
|
Memuaskan
|
Batas
|
Kurang Memuaskan
|
Di bawah standard
|
SKOR
|
KELENGKAPAN KONSEP
|
Lengkap dan integratif
|
Lengkap
|
Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap
|
Hanya menunjukkan sebagian konsep saja
|
Tidak ada konsep
|
|
KEBENARAN KONSEP
|
Diungkapkan dengan tepat, aspek penting tidak
dilewatkan, bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep
|
Diungkap dengan tepat, namun deskriptif
|
Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun
masih ada yang terlewatkan
|
Kurang dapat mengungkapkan aspek penting,
melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh
|
Tidak ada konsep yang disajikan
|
KRITERIA 2a: KOMUNIKASI TERTULIS
DIMENSI
|
Sangat Memuaskan
|
Memuaskan
|
Batas
|
Kurang Memuaskan
|
Di bawah standard
|
SKOR
|
BAHASA PAPER
|
Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu
konsep lebih dalam
|
Bahasa menambah informasi pembaca
|
Bahasa deskriptif, tidak terlalu menambah
pengetahuan
|
Informasi dan data yang disampaikan tidak
menarik dan membingungkan
|
Tidak ada hasil
|
|
KERAPIAN PAPER
|
Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah
semangat membaca
|
Paper cukup menarik, walau tidak terlalu
mengundang
|
Dijilid biasa
|
Dijilid namun kurang rapi
|
Tidak ada hasil
|
KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN
DIMENSI
|
Sangat Memuaskan
|
Memuaskan
|
Batas
|
Kurang Memuaskan
|
Di bawah standard
|
SKOR
|
ISI
|
Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih
dalam
|
Menambah wawasan
|
Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari
beberapa sumber
|
Informasi yang disampaikan tidak menambah
wawasan bagi pendengarnya
|
Informasi yang disampaikan menyesatkan atau
salah
|
|
ORGANISASI
|
Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar
dapat mengkompilasi isi dengan baik
|
Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta
yang disampaikan
|
Tidak didukung data, namun menyampaikan
informasi yang benar
|
Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya
|
Tidak mau presentasi
|
|
GAYA PRESENTASI
|
Menggugah semangat pendengar
|
Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja
memandang catatan
|
Lebih banyak membaca catatan
|
Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan)
|
Tidak berbunyi
|
LAMPIRAN – LAMPIRAN:
1. Lecture Notes: power point
2. Lembar Kerja
3. Selected Reading Material (daftar alamat web;
buku; print out artikel; fotocopy)
RANCANGAN TUGAS
Nama Mata Kuliah : Etik dan Hukum Keperawatan sks : 2 sks
Program Studi : S.1 Keperawatan
Pertemuan ke: 4-6
Fakultas :
Keperawatan
A.TUJUAN TUGAS: menjelaskan semua konsep tentang
hukum di keperawatan
B. URAIAN TUGAS:
1. Obyek Garapan : Teori etik dan hukum di keperawatan
2. Batasan yang harus dikerjakan:
a.
Pengaruh
hukum terhadap perkembangan profesi kep.
b.
Sumber utama hukum di keperawatan (Kode etik
Keperawatan dan draff UU. Kep)
c.
Perbedaan hukum substantif dan hukum prosedural
d.
Perbedaan hukum kontrak dan hukum gugatan.
e.
Hukum pidana berlaku untuk perawatan
f.
Prosedur
proses pidana.
g.
Menerapkan perubahan melalui proses melobi.
h.
Cara mengatasi dilema hukum dan etis.di keperawatan
Menggunakan buku dan sumber lain yang
memuat konsep diatas. Diutamakan menggunakan buku ”Ethics in Nursing: The
Caring Relationship” karangan Verena Tschudin, (2003-2007), ”Nursing Ethics A
Virtue-Based Approach” karangan Alan E. Armstrong, (2007).
c.
Metode/Cara Pengerjaan (acuan cara pengerjaan):
§ Menjawab pertanyaan yang ada di Lembar
Kerja 1 (LK1)
§ Menuliskan dalam model makalah
§ Mempresentasikan hasil makalah ke depan
kelas
d.
Deskripsi Luaran tugas yang dihasilkan:
Paper mengenai
summary semua konsep yang berlaku dalam keperawatan maksimal 10 halaman.
Dijilid dan diketik dengan komputer dengan font: Times New Roman (12), dengan
spasi 1.5
C. KRITERIA PENILAIAN
1. Ketepatan
penjelasan
2. Daya Tarik
Komunikasi
a. komunikasi tertulis
b. Komunikasi lisan
GRADING SCHEME
KRITERIA 1: KETEPATAN PENJELASAN
DIMENSI
|
Sangat Memuaskan
|
Memuaskan
|
Batas
|
Kurang Memuaskan
|
Di bawah standard
|
SKOR
|
KELENGKAPAN KONSEP
|
Lengkap dan integratif
|
Lengkap
|
Masih kurang 2 aspek yang belum terungkap
|
Hanya menunjukkan sebagian konsep saja
|
Tidak ada konsep
|
|
KEBENARAN KONSEP
|
Diungkapkan dengan tepat, aspek penting tidak
dilewatkan, bahkan analisis dan sintetis nya membantu memahami konsep
|
Diungkap dengan tepat, namun deskriptif
|
Sebagian besar konsep sudah terungkap, namun
masih ada yang terlewatkan
|
Kurang dapat mengungkapkan aspek penting,
melebihi halaman, tidak ada proses merangkum hanya mencontoh
|
Tidak ada konsep yang disajikan
|
KRITERIA 2a: KOMUNIKASI TERTULIS
DIMENSI
|
Sangat Memuaskan
|
Memuaskan
|
Batas
|
Kurang Memuaskan
|
Di bawah standard
|
SKOR
|
BAHASA PAPER
|
Bahasa menggugah pembaca untuk mencari tahu
konsep lebih dalam
|
Bahasa menambah informasi pembaca
|
Bahasa deskriptif, tidak terlalu menambah
pengetahuan
|
Informasi dan data yang disampaikan tidak
menarik dan membingungkan
|
Tidak ada hasil
|
|
KERAPIAN PAPER
|
Paper dibuat dengan sangat menarik dan menggugah
semangat membaca
|
Paper cukup menarik, walau tidak terlalu
mengundang
|
Dijilid biasa
|
Dijilid namun kurang rapi
|
Tidak ada hasil
|
KRITERIA 2b: KOMUNIKASI LISAN
DIMENSI
|
Sangat Memuaskan
|
Memuaskan
|
Batas
|
Kurang Memuaskan
|
Di bawah standard
|
SKOR
|
ISI
|
Memberi inspirasi pendengar untuk mencari lebih
dalam
|
Menambah wawasan
|
Pembaca masih harus menambah lagi informasi dari
beberapa sumber
|
Informasi yang disampaikan tidak menambah
wawasan bagi pendengarnya
|
Informasi yang disampaikan menyesatkan atau
salah
|
|
ORGANISASI
|
Sangat runtut dan integratif sehingga pendengar
dapat mengkompilasi isi dengan baik
|
Cukup runtut dan memberi data pendukung fakta
yang disampaikan
|
Tidak didukung data, namun menyampaikan
informasi yang benar
|
Informasi yang disampaikan tidak ada dasarnya
|
Tidak mau presentasi
|
|
GAYA PRESENTASI
|
Menggugah semangat pendengar
|
Membuat pendengar paham, hanya sesekali saja
memandang catatan
|
Lebih banyak membaca catatan
|
Selalu membaca catatan (tergantung pada catatan)
|
Tidak berbunyi
|
LAMPIRAN – LAMPIRAN:
1. Lecture Notes: power point
2. Lembar Kerja
3. Selected Reading Material (daftar alamat web;
buku; print out artikel; fotocopy)