SILABUS
DAN SISTEM PENILAIAN KSPBK TEKNOLOGI INFORMASI
KBM : TEKNOLOGI I INFORMASI DAN
KOMUNIKASI Semester : Ganjil
KELAS : X Tahun Pelajaran : 2006/2007
Standar
Kompetensi :
Mengidentifikasikan aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap
Software.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
bahan
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
Instrument
|
||||||
Mengidentifikasikan
aturan-aturan yang berkaitan dengan etika dan moral terhadap prangkat lunak
dan yang digunakan
|
1. Etika dan moral dalam menggunakan Teknologi Informasi
2. Undang-undang Hak Cipta
|
* Menghindari merubah/memodifikasi program orang lain
* Memberi contoh hak cipta software
* Menghindari ilegal dalam software /pengcopyan secara tidak sah.
|
* Memberi contoh hak cipta software
* Menghargai kreasi orang lain
* Menghindari copyan secara tidak sah
|
Laporan
|
- Praktikum
- Windows shoping internet
|
Membuat hasil
dari contoh hak cipta
|
2 jam
|
- Buku UU Hak cipta
|
Mengidentifikasikan
syarat-syarat kesehatan keselamatan kerja (K3) dalam menggunakan perangkat
Teknologi Informasi dan Komunikasi.
|
Kesehatan
Keselamatan Kerja (K3) dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi
|
* Menjelaskan penggunaan komputer yang benar
* Menjelaskan bagaimana menggunakan/mengaktifkan serta mematikan
komputer dengan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan
* Memahami dalam segi instalasi komputer
* Menjelaskan bagaimana posisi duduk dan jarak pandang pada monitor
|
* Menggunakan komputer dengan posisi yang benar
* Menggunakan komputer dengan prosedur yang benar
* Mengatur posisi duduk
* Memperkirakan jarak pandang monitor
* Menggunakan Teknologi informasi dan Komunikasi sesuai dengan
prosedur
* dll
|
|
- Praktikum
|
- Mempraktan
bagaimna posisi duduk menghadap komputer
- Menjelaskan
bagaimana prosedur pengaktifan
|
2 jam
|
Buku pedoman
komputer
|
Standar
Kompetensi :
Mengidentifikasikan Hardware dan Software yang berkaitan dengan Sistem
Informasi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
bahan
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrument
|
||||||
Mengidentifikasikan
elemen Siklus Pemrosesan Informasi
|
* Input, Proses, Out put yang berkaitan dengan informasi
* Perbedaan data dan informasi
* Menggambarkan Siklus Informasi
|
* Membedakan antara Data dan Informasi
* Menjelaskan mengenai siklus proses Informasi
|
Membedakan antara data dan Informasi serta
Menggambarkan siklus Informasi
|
Rangkuman Data
dan Informasi,
Tes tulis
|
Layout ringkasan
|
- Mempresenta kan hasil data
dan informasi
|
2 jam
|
Diklat Pengantar
Komputer
|
Mengidentifikasikan
Hardware yang digunakan bersama fungsinya
|
Diagram
Komputer secara umum yang mencakup CPU, Memory, Input, Output
|
* Memberi petunjuk dalam Hardware suatu system Informasi
* Memperagakan fungsi dari perangkat keras
|
* Menunjukan macam-macam hardware
* Membedakan fungsi hardware
|
- Gambar diagram CPU
|
|
- Menjelaskan kapasitas dari
CPU
|
2 jam
|
Diktat Pengantar
Kompuetr
|
Mengidentifikasikan
software yang
digunakan
dalam system
informasi
|
Macam-macam
software
beserta fungsinya
|
* Menunjukan macam-macam software
* Membedakan fungsi software
|
|
Praktikum
|
|
- Menjelaskan bagaimana cara
menginstal suatu software
|
2 jam
|
Diktat Pengantar
Kompuetr
|
Standar
Kompetensi : Menggunakan
Sistem Operasi (Operatyng System) untuk manajemen file, dan peripheral
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrument
|
||||||
Melakukan operasi dasar computer dan
Menggunakan OS
|
* Peran Operatyng System dalam
compuer
* Menghidupkan dan mematikan komputer
* Perbedaan OS dan BIOS
* Posisi OS dan Aplikasi
|
* Mendemonstrasikan prosedur baku menghidupkan dan mematikan sebuah
PC
* Membedakan antara OS dan BIOS
* Menunjukan posisi OS dan Aplikasi
|
* Mempraktekan prosedur CPU
|
|
Praktek
|
Demonstrasi
|
2 jam
|
Diktat Pengantar Kompueter
|
Melakukan Manajemen File
|
* Manajemen file dalam media penyimpanan
* Folder
* Drag danDrop
|
* Menggunakan menu pull-down
* Membuat folder
* Membuat folder
* Menjelaskan penggunaan Drag and Drop
|
* Dapat menggunakan menu pull-down
* Dapat membuat folder baru
* dapat menggunakan Drag and Drop
|
Disket
Tes praktek
Memberikan
contoh dalam Drag and Drop
|
Praktek
Praktikum
Praktikum
|
Test membuat
folder
Mendemontrasikan
|
1 jam
2 jam
2 jam
|
|
Melakukan setting
Peripheral
|
* Setting Pripheral
|
* Menjelaskan setting printer
|
* Dapat setting printer
|
Setting
printer
|
Praktikum
|
Praktek Setting
Printer
|
2 jam
|
|
Standar
Kompetensi : Membuat document
menggunakan program pengolah kata (Ms. Word)
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
Bahan
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrument
|
||||||
Mengidentifikasikan
Fungsi software Ms. Word
|
Program Ms. Word
|
* Menjelaskan kegunaan program aplikasi
* - Menjelaskan cara mengaktifkan Program
- Mengakses menu pada ms.
word
|
Kegunaan dari Program Apliklasi
Harus dapat mengaktifkan program
|
- Laporan
Browsing
Tes tulis
|
Software
Praktikum
|
Praktikum
|
2 jam
|
Langkah
Cepat Belajar Word, Elex Media Computindo
|
Membuat dokumen baru menggunakan Ms. Word
|
Membuat Dokument
|
* Siswa harus dapat membuat dan meyimpan dokumen baru
* Mengatur ukuran halaman
* Format Teks dan spasi paragraph
* Harus dapat menggunakan Bullet and Numbering
|
* Membuat dokumen dan menyimpan dalam dokumen
* Menjelaskan cara mengatur halaman
* Dalam membuat format teks dan spasi paraghrap
* Menggunakan Bullet dan Numbering
|
- Membuat laporan praktikum
- Membuat laporan dengan
format halaman yang benar’
- Membuat laporan
- Membuat l.aporan dengan bullet and numbering
|
Melakukan
Praktikum
|
Praktikum
|
|
Langkah
Cepat Belajar Word, Elex Media Computindo
|
Mengelola dan mencetak document
|
- Mengedit suatu
dokument
- Mencetak
dokument
|
* Siswa harus dapat mengedit suatu dokumen
* Siswa harus dapat menentukan tata letak dokumen dan format ukuran
kertas
|
* Mengedit
Dokumen
|
- Membuat laporan
|
Praktikum
|
Praktikum
|
2 jam
|
Langkah
Cepat Belajar Word, Elex Media Computindo
|
Membuat dokument dengan melibatkan table,
gambar dan diagram
|
- Membuat dokumen dalam bentuk
tabel serta menghapys tabek
- Menggabungkan tabel, gambar
dan piagam dalam dokument
|
* Siswa harus dapat membuat tabel
* Siswa harus memahami penggabungan tabel, gambar dan diagram
|
* Membuat tabel
|
- Membuat laporan praktikum
|
Praktikum
|
Praktikum
|
2 jam
|
Belajar
Cepat Ms. Word, Datakom
|
Membuat dokumen Mail merge
|
- Membuat mail merge dalam
word
|
* Siswa harus dapat membuat suatu dokumen surat dalam mail merge
|
* Membuat surat undangan
|
- Membuat laporan
|
Praktikum
|
Praktikum
|
2 jam
|
|
Membuat karya
menggunakan
program Ms. Word
|
- Membuat suatu Cerpen,
brosur, dll
|
* Siswa harus dapat membuat cerpen dengan menggunakan colom
|
* Membuat cerpen
|
- Print out
|
Praktikum
|
Praktikum
|
2 jam
|
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Ade
Suryatman, M.Pd
NIP. 131268483
|
Penanggung
Jawab Lab.
Muhram
Suhermawan
NIP. 480128702
|
Tasikmalaya,
Juli 2006
Guru Mata
Pelajaran
___________________
|
SILABUS
DAN SISTEM PENILAIAN KPSPBK TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
KBM :
TEKNOLOGI I INFORMASI DAN KOMUNIKASI Semester : Genap
KELAS : X Tahun Pelajaran : 2006/2007
Standar
Kompetensi : Membuat dokumen
menggunakan lembar kerja
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok dan Uraian Materi Pokok
|
Pengalaman
Belajar
|
Indikator
Pencapaian
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber/
bahan
|
||
Jenis
Tagihan
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrument
|
||||||
5.1Mengidentifikasikan perangkat lunak lembar kerja
(work-sheet) beserta fungsi ikon dan menunya
|
·
Kegunaan program pengolahan kata
·
Fungsi Menu dan ikon
|
·
Menggali informasi sebagai jenis
program lembar kerja
·
Mencermati visualisasi berbagai
menu pada program lembar kerja
(worksheet)
·
Mengidentifikasikan fungsi
berbagai ikon
|
·
Mendiskripsikan manfaat program
lembar kerja (worksheet)
·
Menggunakan berbagai menu pada
program lembr kerja (work sheet)
·
Mengidentifikasikan fungsi
berbagai icon
|
Tugas individu
|
Laporan
|
1. Buatlah contoh penggunaan menu dan ikon pada lembar kerja
2. Buatlah contoh neraca sederhana
|
6x45
|
PC
Buku
|
5.2 Membuat lembar kerja menggunakan program lemba
kerja (worksheet)
|
·
Membuat lembar kerja
·
Mengelola sel
|
·
Membuat lembar kerja berdasarkan
contoh dan menyimpan dalam media
·
Mengisi sel dengan data teks,
tanggal, bilangan
·
Memformat sel sesuai contoh
·
Melakukan penggabungan sel
·
Merubah ukuran kolom dan baris
sesuai contoh
·
Mendeskripsikan operasi cut,
copy, special serta memperaktekannya
|
·
Membuat dan menyimpan lembar
kerja (worksheet) baru
·
Memasukan teks, tanggal dan
bilangan sel
·
Memformat sel
·
Menggabungkan sel
·
Memformat baris dan kolom
·
Mengoperasikan Cut, Copy, Paste
dan Paste special
|
Tugas Individu
|
Lembar pengalaman
praktik
|
1. Mengisi sel dengan data teks, bilangan, tanggal
2. Ubahlah ukuran sel, baris, kolom sesuai contoh
3. Hapuslah isi sel kemudian pindahkan ke tempat sel lainnya dengan
fasilitas menu dan ikon
|
12x45
|
PC
Buku
|
5.3 Mengelola dan mencetak lembar kerja/worksheet
|
·
Membuat dan mencetak lembar
kerja (worksheet)
|
Mengatur tata letak work-sheet dan menampilkan dilayar sesuai contoh
|
·
Print-Preview dan mencetak
worksheet dan workbook
·
Mengatur tata letak (lay-out)
cetakan
·
Mengelola work-sheet dalam
work-book (mengganti nama)
|
Tugas individu
|
Lembar pengamatan praktik
|
1. Diberikan kertas dengan berbagai ukuran untuk digunakan mencetak
2.
|
4x45
|
PC
Buku
|
5.4 Membuat lembar kerja (work sheet) dengan
melibatkan formula, grafik dan gambar
|
·
Menu-menu yang berkaitan dengan
formula
·
Menu yang berkaitan dengan
grafik (chart) dan gambar
|
·
Menghitung dengan menggunakan
formula sesuai contoh
·
Menghitung dengan referensi
absolute dan relatif
·
Menggunakan rumus yang sama pada
range yang berbeda sesuai contoh
·
Menggunakan filter data sesuai
dengan kebutuhan
|
·
Memasukan formula
·
Menggunakan referensi absolute
dan relative
·
Menyalin formula kedalam suatu
range menggunakan drag (fill down dan fill across)
·
Membuat grafik (chart) dari data
yang tersedia
·
Memodifikasi grafik yang sudah
ada
·
Pengaturan data menggunakan
filter data (auto filter dan advanced filter)
|
Tugas Individu
|
Lembar pengalaman praktik
|
1. Buatlah tabel berisi kolom dan baris yang akan diisi variabel dan
rumus-rumus
2. Buatlah grafik berdasarkan data-data yang diberikan dan modifikasi
kan hasilnya
3. Diberikan sejumlah data acak untuk diurutkan berdasarkan kondisi
|
8x45
|
PC
Buku
|
5.5 Menggambarkan karya lembar kerja
|
·
Kompatibilitas dan interoperasibilitas
|
Menyisipkan data lembar kerja, grafik ke dalam dokumen pengolah kata
|
·
Melakukan proses penyisipan data
lembar kerja (work-sheet) ke dalam program pengolahan kata
|
Tugas individu
|
Lembar pengalaman praktik
|
Buatlah sebuah
grafik dan gabungan ke dalam program pengolah kata
|
2 x45
|
PC
Buku
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Drs. Ade
Suryatman, M.Pd
NIP. 131268483
|
Penanggung
Jawab Lab.
Muhram
Suhermawan
NIP. 480128702
|
Tasikmalaya,
Juli 2006
Guru Mata
Pelajaran
___________________
|