SILABUS MATA KULIAH
KONSEP KEBIDANAN
A.
DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat memahami
konsep kebidanan secara komprehensif yang meliputi kerangka filosofis
kebidanan, paradigma asuhan kebidanan, metodologi asuhan kebidanan, model dan
teori dalam praktik kebidanan, peran dan fungsi bidan, konsep profesi bidan
sebagai tenaga profesional, perkembangan profesi bidan dan pendidikan bidan
secara nasional dan internasional, prospek pengembangan karir bidan, sistem
penghargaan bagi bidan, dan pendekatan manajemen dalam asuhan kebidanan.
B.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Standar Kompetensi:
Membekali siswa dengan kemampuan konsep kebidanan
komprehensif.
Indikator Pencapaian Hasil Belajar:
Setelah mengikuti mata kuliah ini, setiap mahasiswa kebidanan harus
mampu:
1. Menjelaskan pengertian dan kerangka filosofis lahirnya profesi bidan
2. Menjelaskan sejarah perkembangan bidan dan pendidikan kebidanan di
Indonesia dan dunia
3. Menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
4. Menjelaskan peran dan fungsi bidan
5. Menjelaskan teori dan model konseptual asuhan kebidanan
6. Menjelaskan konsep dasar manajemen kebidanan
7. Menjelaskan tentang kompetensi bidan Indonesia
8. Menjelaskan tentang standar pelayanan praktik kebidanan di Indonesia
9. Menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik asuhan
kebidanan
10. Menjelaskan prinsip pengembangan karir bidan
11. Menjelaskan sistem penghargaan bidan
C. POKOK-POKOK SUBSTANSI KAJIAN MATA KULIAH
1. Pengertian dan filosofi kebidanan dan bidan
2. Sejarah perkembangan profesi bidan dan pendidikan kebidanan nasional
dan internasional
3. Paradigma asuhan kebidanan
4. Peran dan fungsi bidan
5. Kompetensi bidan Indonesia
6. Bidan sebagai Profesi
7. Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
8. Pengembangan karir bidan
9. Sistem penghargaan bidan
10. Manajemen kebidanan
D.
ALOKASI WAKTU
T : 2 sks x 60’ x 14 minggu : 1680 menit
P : 2 sks x 120 x 14 minggu : 3360 menit
E.
PROSES PEMBELAJARAN
T :
Dilaksanakan dikelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, studi kasus,
penugasan individu dan kelompok, serta seminar.
P : Pengalaman Belajar lapangan
Dilaksanakan di luar kelas dengan menggunakan berbagai metode,
yaitu:
a. Observasi
b. Penelitian sederhana
c. Wawancara
d. Diskusi Kelompok Terarah (Dinamika Kelompok)
F.
EVALUASI
A.
Teori 40%
UTS : 30 %
UAS : 40 %
Tugas/Kuis :
20 %
Etika :
10 %
B. Ujian Praktek lapangan (60 %)
G.
BUKU SUMBER
Buku Utama
1.
Kroll, D.L. 1996. Midwifery
Care for The Future. First Edition. Bailliere Tindal, London
2.
Varney, 1997, Varney’s
Midwifery, 3rd Edition, Jones and Barlet Publishers, Sudbury: England
3.
Pyne, R.H. 1992. Professional
Disciplin in Nursing, Midwifery, and Health Visiting. Balackwell Scientific,
London
Buku Penunjang
1.
Konsep Kebidanan Depkes RI
2.
50 Tahun Ikatan Bidan Indonesia
SILABUS MATA KULIAH KONSEP KEBIDANAN
AKADEMI KEBIDANAN BUNDA AUNI BOGOR
Pertemuan
|
PB/SPB
|
TIU/TIK
|
Materi
|
Dosen
|
Strategi Pembelajaran
|
Buku Sumber
|
|
Metoda/
Waktu
|
Media
|
||||||
1
|
PB :
Filosofi kebidanan
SPB :
Pelayanan kebidanan
dan praktik kebidanan
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami filosofi kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu
menjelaskan pelayanan kebidanan dan
praktik kebidanan
|
Menjelaskan
pengertian filosofi dan definisi
bidan
1. Falsafah asuhan kebidanan
2. Definisi kebidanan
3. Pelayanan kebidanan
4. Praktik kebidanan
5. Asuhan kebidanan
|
Tatik Dwiyani, S.SiT.,
M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
2
|
PB :
perkembangan
profesi, bidan
SPB :
Perkembangan
profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami perkembangan profesi bidan
TIK :
Mahasiswa mampu
menjelaskan perkembangan profesi, pelayanan dan
pendidikan bidan secara nasional dan internasional
|
Menjelaskan
perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan
internasional :
1.
Sejarah
perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan :
a.Perkembangan di luar negeri
b.Perkembangan di dalam negeri
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
3
|
PB :
paradigma asuhan kebidanan
SPB :
Komponen paradigma
kebidanan (manusia, lingkungan dan kesehatan) macam-macam asuhan kebidanan
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami paradigma asuhan kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu
menjelaskan komponen paradigma
kebidanan (manusia, lingkungan dan kesehatan) macam-macam asuhan kebidanan
|
Menjelaskan tentang
paradigma asuhan kebidanan
1.
Paradigma
asuhan kebidanan :
a.Pengertian Paradigma
b.Komponen paradigma kebidanan :
1) Manusia
2) Lingkungan
3) Kesehatan
4) Kebidanan
c. Macam-macam asuhan kebidanan
d. Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan
kebidanan
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
4
|
PB :
Kebidanan sebagai profesi
SPB :
Kebidanan
sebagai profesi dan profesi bidan
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami kebidanan sebagai profesi
TIK :
Mahasiswa mampu
menjelaskan kebidanan sebagai profesi dan profesi bidan
|
Mengidentifikasi kebidanan sebagai profesi
1. Kebidanan sebagai profesi
2. Profesi bidan
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 2
|
5
|
PB :
Peran dan fungsi bidan
SPB :
Peran dan
fungsi bidan serta praktik profesional bidan
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami peran dan fungsi bidan
TIK :
Mahasiswa mampu
menjelaskan peran dan fungsi bidan serta praktik profesional bidan
|
Menjelaskan peran dan fungsi bidan:
1. Peran dan fungsi bidan
2. Praktik professional bidan
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 2
|
6
|
PB :
Teori dan model konseptual asuhan
kebidanan
SPB :
Dasar pemikiran, focus, rujukan dalam teori
kebidanan: Reva Rubin, Ramana, Ela Joy Lehrman, Ernestine
Jean Ball
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami teori dan model konseptual asuhan kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan dasar pemikiran, focus, rujukan dalam
teori kebidanan: Reva Rubin, Ramana, Ela Joy Lehrman, Ernestine
Jean Ball
|
Menjelaskan teori dan model konseptual asuhan
kebidanan:
1.
Dasar
pemikiran, focus, rujukan dalam teori kebidanan:
a. Reva Rubin
b. Ramana
c.
Ela
Joy Lehrman
d. Ernestine
e.
Jean
Ball
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
7
|
PB :
Model
konseptual asuhan kebidanan
SPB :
Midwifery care dan paradigma Sehat
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami Model konseptual asuhan kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan Midwifery care dan paradigma Sehat
|
Model konseptual
asuhan kebidanan:
1.
Midwifery care
2.
Paradigma
Sehat
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
8
|
UTS
|
||||||
9
|
PB :
konsep
kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
SPB :
Konsep dan
langkah-langkah manajemen kebidanan
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik
kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu
menjelaskan konsep dan langkah-langkah
manajemen kebidanan
|
Menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam
praktik kebidanan:
1.
Manajemen
kebidanan
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
10
|
PB :
konsep
kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
SPB :
Lingkup praktek
kebidanan
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik
kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu
menjelaskan lingkup praktek kebidanan
|
Menggunakan
konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan:
2. Lingkup praktik kebidanan
|
Tatik Dwiyani, S.SiT.,
M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
11
|
PB :
konsep
kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
SPB :
Pengorganisasian
praktek asuhan kebidanan
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik
kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
|
Menggunakan
konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan:
3. Pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
|
Tatik Dwiyani, S.SiT.,
M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
12
|
PB :
Sistem
penghargaan terhadap bidan
SPB :
Sistem reward dan
sanksi terhadap bidan
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami sistem penghargaan
terhadap bidan
TIK :
Mahasiswa mampu
menjelaskan sistem reward dan sanksi terhadap bidan
|
Menjelaskan sistem
penghargaan terhadap bidan:
1.
Sistem
penghargaan terhadap bidan:
§ Reward
§ Sanksi
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
13
|
PB :
Prinsip pengembangan karier bidan
SPB :
Prinsip
pengembangan karier bidan dikaitkan dengan peran, fungsi, dan tanggung jawab
bidan
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami prinsip pengembangan karier bidan
TIK :
Mahasiswa mampu
menjelaskan prinsip pengembangan karier bidan dikaitkan dengan
peran, fungsi, dan tanggung jawab bidan
|
Menjelaskan
prinsip pengembangan karier bidan :
1.
Prinsip-prinsip
pengembangan karier bidan:
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
14
|
PB :
Proses berubah
SPB :
Macam-macam dan
ciri perubahan
|
TIU : Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa
mampu memahami proses berubah
TIK :
Mahasiswa mampu
menjelaskan macam-macam dan ciri
perubahan
|
Proses berubah:
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 1
|
15
|
PB :
Pemasaran
sosial jasa asuhan kebidanan
SPB :
Prinsip pemasaran sosial
dalam pelayanan kebidanan
|
TIU : Setelah mengikuti
perkuliahan mahasiswa mampu memahami pemasaran
sosial jasa asuhan kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan
prinsip pemasaran sosial dalam pelayanan kebidanan
|
Pemasaran sosial
jasa asuhan kebidanan
|
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
|
CTJ
Role Play
T : 120’
P : 240’
|
LCD
Laptop
Whiteboard
|
BU 1, 2, 3
BA 2
|
16
|
UAS
|
Mengetahui
Direktur Bogor September
2010
AKBID BUNDA AUNI
Koordinator MK
Nelil Mudaris, SKM, MARS Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes