SILABUS MATA KULIAH KONSEP KEBIDANAN

SILABUS MATA KULIAH

KONSEP KEBIDANAN




A.     DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk dapat memahami konsep kebidanan secara komprehensif yang meliputi kerangka filosofis kebidanan, paradigma asuhan kebidanan, metodologi asuhan kebidanan, model dan teori dalam praktik kebidanan, peran dan fungsi bidan, konsep profesi bidan sebagai tenaga profesional, perkembangan profesi bidan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional, prospek pengembangan karir bidan, sistem penghargaan bagi bidan, dan pendekatan manajemen dalam asuhan kebidanan.

B.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Standar Kompetensi:
Membekali siswa dengan kemampuan konsep kebidanan komprehensif.

Indikator Pencapaian Hasil Belajar:
Setelah mengikuti mata kuliah ini, setiap mahasiswa kebidanan harus mampu:
1.      Menjelaskan pengertian dan kerangka filosofis lahirnya profesi bidan
2.      Menjelaskan sejarah perkembangan bidan dan pendidikan kebidanan di Indonesia dan dunia
3.      Menjelaskan paradigma asuhan kebidanan
4.      Menjelaskan peran dan fungsi bidan
5.      Menjelaskan teori dan model konseptual asuhan kebidanan
6.      Menjelaskan konsep dasar manajemen kebidanan
7.      Menjelaskan tentang kompetensi bidan Indonesia
8.      Menjelaskan tentang standar pelayanan praktik kebidanan di Indonesia
9.      Menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik asuhan kebidanan
10.  Menjelaskan prinsip pengembangan karir bidan
11.  Menjelaskan sistem penghargaan bidan

C.      POKOK-POKOK SUBSTANSI KAJIAN MATA KULIAH
1.      Pengertian dan filosofi kebidanan dan bidan
2.      Sejarah perkembangan profesi bidan dan pendidikan kebidanan nasional dan internasional
3.      Paradigma asuhan kebidanan
4.      Peran dan fungsi bidan
5.      Kompetensi bidan Indonesia
6.      Bidan sebagai Profesi
7.      Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
8.      Pengembangan karir bidan
9.      Sistem penghargaan bidan
10.  Manajemen kebidanan

D.     ALOKASI WAKTU
T   :  2 sks x 60’ x 14 minggu                   : 1680 menit
P   :  2 sks x 120 x 14 minggu                  : 3360 menit

E.     PROSES PEMBELAJARAN
T  : Dilaksanakan dikelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, studi kasus, penugasan individu dan kelompok, serta seminar.
P  : Pengalaman Belajar lapangan
Dilaksanakan di luar kelas dengan menggunakan berbagai metode, yaitu:
a.       Observasi
b.      Penelitian sederhana

c.       Wawancara
d.      Diskusi Kelompok Terarah (Dinamika Kelompok)

F.      EVALUASI
A.    Teori 40%
UTS                 : 30 %
UAS                : 40 %
Tugas/Kuis      : 20 %
Etika                : 10 %

B. Ujian Praktek lapangan (60 %)

G.     BUKU SUMBER
Buku Utama
1.      Kroll, D.L. 1996. Midwifery Care for The Future. First Edition. Bailliere Tindal, London
2.      Varney, 1997, Varney’s Midwifery, 3rd Edition, Jones and Barlet Publishers, Sudbury: England
3.      Pyne, R.H. 1992. Professional Disciplin in Nursing, Midwifery, and Health Visiting. Balackwell Scientific, London

Buku Penunjang
1.      Konsep Kebidanan Depkes RI
2.      50 Tahun Ikatan Bidan Indonesia
 



SILABUS MATA KULIAH KONSEP KEBIDANAN
AKADEMI KEBIDANAN BUNDA AUNI BOGOR
Pertemuan
PB/SPB
TIU/TIK
Materi
Dosen
Strategi Pembelajaran
Buku Sumber
Metoda/
Waktu
Media

1

PB :
Filosofi kebidanan

SPB : 
Pelayanan kebidanan dan praktik kebidanan
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami filosofi kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  pelayanan kebidanan dan praktik kebidanan
  
Menjelaskan pengertian filosofi dan definisi bidan
1.       Falsafah asuhan kebidanan
2.       Definisi kebidanan
3.       Pelayanan kebidanan
4.       Praktik kebidanan
5.       Asuhan kebidanan

Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’




LCD
Laptop
Whiteboard

BU 1, 2, 3
BA 1

2
PB :
perkembangan profesi, bidan

SPB : 
Perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  perkembangan profesi bidan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional
  
Menjelaskan perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional :
1.       Sejarah perkembangan pelayanan dan pendidikan kebidanan :
a.Perkembangan di luar negeri
b.Perkembangan di dalam negeri
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’


LCD
Laptop
Whiteboard

BU 1, 2, 3
BA 1

3
PB :
paradigma asuhan kebidanan

SPB : 
Komponen paradigma kebidanan (manusia, lingkungan dan kesehatan) macam-macam asuhan kebidanan
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  paradigma asuhan kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  komponen paradigma kebidanan (manusia, lingkungan dan kesehatan) macam-macam asuhan kebidanan
  
Menjelaskan tentang paradigma asuhan kebidanan
1.       Paradigma asuhan kebidanan :
a.Pengertian Paradigma
b.Komponen paradigma kebidanan :
1)       Manusia
2)       Lingkungan
3)       Kesehatan
4)       Kebidanan
c.     Macam-macam asuhan kebidanan
d.   Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’


LCD
Laptop
Whiteboard

BU 1, 2, 3
BA 1

4
PB :
Kebidanan sebagai profesi


SPB : 
Kebidanan sebagai profesi dan profesi bidan
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  kebidanan sebagai profesi
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  kebidanan sebagai profesi dan profesi bidan
  
Mengidentifikasi kebidanan sebagai profesi
1.       Kebidanan sebagai profesi
2.       Profesi bidan


Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’

ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
LCD
Laptop
Whiteboard

BU 1, 2, 3
BA 2

5
PB :
Peran dan fungsi bidan


SPB : 
Peran dan fungsi bidan serta praktik profesional bidan
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  peran dan fungsi bidan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  peran dan fungsi bidan serta praktik profesional bidan
  
Menjelaskan peran dan fungsi bidan:
1.       Peran dan fungsi bidan
2.       Praktik professional bidan
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’

ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
LCD
Laptop
Whiteboard

BU 1, 2, 3
BA 2

6
PB :
Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
SPB : 
Dasar pemikiran, focus, rujukan dalam teori kebidanan: Reva Rubin, Ramana, Ela Joy Lehrman, Ernestine
Jean Ball



TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  teori dan model konseptual asuhan kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  dasar pemikiran, focus, rujukan dalam teori kebidanan: Reva Rubin, Ramana, Ela Joy Lehrman, Ernestine
Jean Ball

  
Menjelaskan teori dan model konseptual asuhan kebidanan:
1.       Dasar pemikiran, focus, rujukan dalam teori kebidanan:
a.       Reva Rubin
b.       Ramana
c.        Ela Joy Lehrman
d.       Ernestine
e.        Jean Ball

Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’



LCD
Laptop
Whiteboard
ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
BU 1, 2, 3
BA 1

7
PB :
Model konseptual asuhan kebidanan

SPB : 
Midwifery care dan paradigma Sehat

TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  Model konseptual asuhan kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  Midwifery care dan paradigma Sehat
  
Model konseptual asuhan kebidanan:
1.       Midwifery care
2.       Paradigma Sehat

Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’


LCD
Laptop
Whiteboard

ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
BU 1, 2, 3
BA 1
8
UTS

9
PB :
konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan

SPB : 
Konsep dan langkah-langkah manajemen kebidanan
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  konsep dan langkah-langkah manajemen kebidanan
  
Menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan:
1.       Manajemen kebidanan
  • Konsep dan prinsip manajeman pada umumnya
  • Pengertian manajeman kebidanan
  • Langkah-langkah manajeman kebidanan

Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’


LCD
Laptop
Whiteboard


ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
BU 1, 2, 3
BA 1

10
PB :
konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan

SPB : 
Lingkup praktek kebidanan
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan lingkup praktek kebidanan    
Menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan:
2.       Lingkup praktik kebidanan
  • Ruang lingkup dan sasaran
  • Lahan praktik pelayanan kebidanan

Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’


LCD
Laptop
Whiteboard
ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
BU 1, 2, 3
BA 1
11
PB :
konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan

SPB : 
Pengorganisasian praktek asuhan kebidanan

TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
Menggunakan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan:
3.       Pengorganisasian praktek asuhan kebidanan
  • Pelayanan mandiri
  • Kolaborasi
  • Rujukan

Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’


LCD
Laptop
Whiteboard
ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
BU 1, 2, 3
BA 1

12
PB :
Sistem penghargaan terhadap bidan

SPB : 
Sistem reward dan sanksi terhadap bidan
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  sistem penghargaan terhadap bidan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan sistem reward dan sanksi terhadap bidan    
Menjelaskan sistem penghargaan terhadap bidan:
1.       Sistem penghargaan terhadap bidan:
§  Reward
§  Sanksi

Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’

LCD
Laptop
Whiteboard
ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
BU 1, 2, 3
BA 1
13
PB :
Prinsip pengembangan karier bidan

SPB : 
Prinsip pengembangan karier bidan dikaitkan dengan peran, fungsi, dan tanggung jawab bidan
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  prinsip pengembangan karier bidan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  prinsip pengembangan karier bidan dikaitkan dengan peran, fungsi, dan tanggung jawab bidan
  
Menjelaskan prinsip pengembangan karier bidan :
1.       Prinsip-prinsip pengembangan karier bidan:
  • Pendidikan lanjut
  • Jabatan fungsional
  • Prinsip pengembangan karier bidan dikaitkan dengan peran, fungsi, dan tanggung jawab bidan.

Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’

LCD
Laptop
Whiteboard
ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
BU 1, 2, 3
BA 1
14
PB :
Proses berubah

SPB : 
Macam-macam dan ciri perubahan
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami  proses berubah
 TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan  macam-macam dan ciri perubahan

Proses berubah:
  1. Pengertian
  2. Macam-macam perubahan
  3. Ciri-ciri perubahan

Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’

LCD
Laptop
Whiteboard
ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
BU 1, 2, 3
BA 1

15
PB :
Pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan

SPB : 
Prinsip pemasaran sosial dalam pelayanan kebidanan
TIU :  Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memahami pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan
TIK :
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip pemasaran sosial dalam pelayanan kebidanan
Pemasaran sosial jasa asuhan kebidanan
Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes .
CTJ
Role Play

T : 120
P : 240’


LCD
Laptop
Whiteboard
ngan butuhan, sumber serta fungsi air dan elektrolitSI (MP ASI)n dengan kekurangan dan kelebihan sumber gizi tertent
BU 1, 2, 3
BA 2
16
UAS

Mengetahui
Direktur                                                                                                                                                                                                                                                     Bogor September 2010
AKBID BUNDA AUNI                                                                                                                                                                                                                      Koordinator MK
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          
Nelil Mudaris, SKM, MARS                                                                                                                                                                                                              Tatik Dwiyani, S.SiT., M.M.Kes