CONTOH MAKALAH PEMBAHASAN PENGELOLAAN KEPEMINPINAN |PENGELOLAAN KURIKULUM


Bab I
Pendahuluan

a.      Latar Belakang Masalah

Pengelolaan pendidikan merupakan suatu proses penggunaan dumber daya pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan secara optimal, efisien dan epektif, dengan melibatkan siswa, guru, kurikulum, sarana, linkungan, dan proses belajar mengajar.
            Peran semua pihak agar dalam pelaksanaan tugasnya berjalan dengan baik, dituntut memilikiwawasann mengenai pendidikan dasar, pengambangan kurikulum, ssarana prasarana, administeasi, supre visi pendidikan dan kepemimpinsn di sekolah.

  1. Tujuan Penulisan Makalah

Ada beberapa tujuan dari penulisan makalah ini, diantaranya:
1.memenuhi salah satu tugas mata kuliah pengelolaan pendidikan
2. memahami pelaksanaan berbagai komponen dalam proses pendidikan,terutama di SDN 3 Cilampunghilir.



Bab II
Pembahasan Makalah


a.      Pengelolaan Kepemimpinan di SDN 3 Cilampunghilir
Pengelolaan kepemimpinan sudah cukup baik, tipe yang di terapkan termasuk ke dalam tipa demokratis, dimana adanya kerjasama antara kepala sekolah dangan guru-guru dalam menghadapi suatu permasalahan dan selalu dengan musyawarah.

b.      Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran di SDN 3 Cilampunghilir
Kurikulum yang digunakan adalah tingkat satuan pendidikan (KTSP). KTSP berorientasi pada perubahan prilaku pembelajaran,guna meningkatkan kreativitas siswwa dalam pencapaian kompetensi yang harus dikuasai.
Di kelas rendah (kelas 1,2,3) menggunakan pembelajaran tematik,yaitu pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kapada siswa. Sedang di kelas tinggi (4,5,6) menggunakan pembelajaran mata pelajran.

c.       Pengelolaan Peserta  Didik di SDN 3 Cilampunghilir
1.      Penerimaaan peserta didik. ada ketentuan atau kebijakan system penerimaan, prosedur dan kriteria yang diajukan dalam menerima peserta didik baru, baik itu penerimaan kelas 1 di awal tahunpelajaran maupun dalam menerima siswa pindahan dari SD yang lain.
2.      Orientasi Peserta didik baru berupa pengenalan lingkungan sekolah termasuk personil-personil sekolah yang terdapat didalamnya.
3.      evaluasi pserta didik berupa pelaksanaan ulangan harian, ulangan umum, semeater dan ujian akhir.
4.      mengatur kenaikan kelas, mutasi pserta didik, dan layanan bimbingan bagi pserta didik yang membutuhkan.

d.      Pengelolaan Personil di SDN 3 Cilampunghilir
     Kepala sekolah dan guru0guru mempunyai tugas masing-masing. Kepala sekolah sebagai pemimpan bertanggungjawab atas semua kegiatan penyelengaraan pendidikan di sekolah, dan guru-guru bertanggungjawab atas semua pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kela




Personil yang ada di SDN 3 Cilampunghilir

no
Nama personil
NIP
jabatan
1
Hj.Sri Mulyati S.Pd
130831464
Kepala Sekolah
2
Dede Nendah
130724997
Guru kelas
3
Atik Martika
130950049
Guru kelas
4
Ma’mun
131364513
Guru PAI
5
Susi Usdekawati
130831386
Guru kelas
6
Teti Sumaryati
131012940
Guru kelas
7
Aay Rahmayasari
131724823
Guru OR
8
Wiwi Winarni
132013408
Guru kelas
9
Lilis Suryani
480196278
Guru kelas
10
Irma Indrianti
-
Sukwan
11
Lia Susilawati
-
Sukwan
12
Ai Desi Sugianti
-
Sukwan

e.       Pengelolaan Sarana dan Prasarana di SDN 3 Cilampunghilir
     SArana dan prasarana pendidikan sangat menunjang dalam pelaksanaan proses pendidikan. Di SDN 3 Cilampunghilir sarana dan prasarana sudah cukup memadai ditambah lagi sudah ada renovasi dan tambahan fasilitas sekolah dari DAK (Dana Alokasi Kerusakan).

            Bangunan yang ada di SDN 3 Cilampunghilir
1.      Ruang kantor sekolah
2.      ruang belajar
3.      ruang perpustakaan
4.      wc
5.      mushola

Sarana dan Prasarana
1. meja murid
:  72 buah
2. kursi murid
:  144 buah
3. meja guru
:  12 buah
4. kursi guru
:  12 buah
5. papan tulis
:  6 buah
6. kursi tamu
:  1 buah
7. lemari
:  12 buah

                 Pemeliharaan bangunan, sarana dan prasarana sudah dilaksanakan dengan cukup baik, terutama dari warga sekolah dan kerjasama dari masyarakat




f.       Pengelolaan Keuangan di SDN 3 Cilampunghiklir
bandahara sekolah yang mengerjakan tentang keuangan di sekolah yaitu Ibu Atik Martika yang memegang dana BOS, sedangkan Ibu Wiwi Winarni yang memegang keuangan tabungan. Guru kelas mengurus admistrasi tabungan siswa, setelah itu diserahkan kepada bendahara.

g.      Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat di SDN 3 Cilampunghilir
Hubungan sekolah dengan masyarakat berjalan dengan baik, adanya koordinasi pihak sekolah, komite, guru serta orang tua siswa dalam menjalin hubungan dan mempermudah mengatasi masalah dalam ,enemukan penyelesaiannya. Selain itu, adanya kunjungan guru ke rumah orang tua siswa.

h.      Pengelolaan Supervisi Pendidikan di SDN 3 Cilampunghilir
      Suoervisi pendidikan\merupakan suatu bantuan atau layanan dalam bidang pendidikan  yang bertujuan membantu meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar guru di kelasnya.
      Kepala sekolah melaksanakan supervisi diantaranya melaksanakan kunjungan kelas secara tidak terencana untuk mengetahui gmbaran tentang kegiatan belajar mengajar di kelas, adanya pertemuan kepala sekolah dengan guru-guru untuk mmbahas permasalahan, serta adanya pertemuan di kelompok kerja guru (KKG) yang dilaksanakan secara rutin setiap 2 minggu sekali untuk memmbicarakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran.




















Bab III
Analisis SWOT SDN 3Cilampunghilir

a.      Strength (kekuatan)
     Bangunan sekolah yang baru direnovasi serta sarana dan prasarana yang memadai menunjang dalam pembelajaran, letak strategis yang berada di pinggir jalan serta mudahnya alat transportasi memudahkan dijangkaunya oleh siswa dan guru dapat dijadikan suatu kekuatan di sekolah ini,ditambah lagi adanya koordinasi yang baik antara ppihak sekolah, komite, serta masyarakat dapat memperlancar dalam kegiatan pendidikan.

b.      Weakness (kelemahan)
      Tidak adanya penjaga sekolah menjadikan kurangnya kebersihan dan keamanan, sehingga memerlukan partisipasi dengan warga sekitar sekolah.
Adanya guru yang kurang disiplin juga memungkinkan adanya kelemahan di sekolah.

c.       Opportunity (peluang)
      Letak sekolah yang strategis memudahkan dalam menerima informasi-informasi dari luar, serta warga pun banyak yang mendaftarkan anaknya ke sekolah ini.
Adanya kegiatan ekstrakulikuler seperti kegiatan pramuka dapat meningkatkan minat dan bakat siswa.

d.      Treats (ancaman)
      Tidak adanya penjaga sekolah dapat menyebabkan terancamnya keamanan sekolah. Letak sekolah yang di pinggir jalan serta melewati dulu sebuah jembatan menimbulkan beberapa ancaman diantaranya bagi keselamatan siswa, serta cukup terganggunya pengajaran akibat folusi dan suara bising kendaraan yang datang dari luar.














Bab IV
Kesimpulan dan Rekomendasi

a.       Kesimpulan
     Setiap sekolah mimilki kekuatan, kelemahan,peluang, serta ancaman nya masing-masing dalam mengelola kegiatan pendidikannya. Di SDN 3 Cilampunghilir umpamanya terdapat hal-hal tersebut. Hal demikian tentu saja membutuhkan peran serta dari semua pihak terutama warga sekolah.


b.      Rekomendasi


                        Yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama                    : Hj. Sri Mulyati
NIP                      : 130831464
Jabatan                 : kepala Sekolah
                        Menyatakan bahwa,
Nama                    : Denirin Yudantara
NIM                     : 0703330
Jurusan                 : S1 PGSD
                 Telah melaksanakan observasi untuk mengerjakan tugas mata kuliah Pengelolaan Pendidikan di SDN 3 Cilampunghilir,semoga lembaran ini dapat digunakan sebagai mana mestinya.



                                                                        Tasikmalaya,               Mei 2009

                                                                  Kepala Sekolah SDN 3 Cilampunghilir




                                                                                    Hj. Sri Mulyati
                                                                                    --------------------
                                                                                    NIP: 130831464







Daftar Pelajaran SDN 3 Cilampunghilir

Kelas

Alokasi waktu
I
Pendekakatan Tematik
28
II

29
III

30

Kelas IV :
Waktu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
07.30-08.10
Matematika
B.Indonesia
IPA
IPS
B.Inggris
B.Indonesia
08.10-08.50
Matematika
B.Indonesia
IPA
IPS
B.Inggris
B.Indonesia
08.50-09.30
B.Indonesia
IPA
Matematika
Matematika
Olahraga
PAI
09.30-10.10
B.Indonesia
IPA
Matematika
Matematika
Olahraga
PAI
10.10-10.40
IS
TI
RA
H
A
T
10.40-11.20
IPS
KTK
PKn
B.Sunda
Olahraga
PAI
11.20-12.00
IPS
PKn
PKn
B.Sunda

Kesenian
12.00-12.40
PS
PKn
Kesenian




Kelas V :
Waktu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
07.30-08.10
IPA
Matematika
Matematika
PKn
PAI
Olahraga
08.10-08.50
IPA
Matematika
Matematika
PKn
PAI
Olahraga
08.50-09.30
B.Indonesia
Olahraga
B.Indonesia
B.Indonesia
PAI
B.Sunda
09.30-10.10
B.Indonesia
Olahraga
B.Indonesia
B.Indonesia
ISTIRAHAT
B.Sunda
10.10-10.40
IS
TI
RA
HAT
B.Inggris

10.40-11.20
Matematika
SBK
IPA
IPS
B.Inggris

11.20-12.00
Matematika
SBK
IPA
IPS


12.00-12.40
Matematika
SBK
IPA
IPS



Kelas VI :
Waktu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
07.30-08.10
PKn
Matematika
B.Indonesia
Matematika
Matematika
B.Sunda
08.10-08.50
PKn
Matematika
B.Indonesia
Matematika
Matematika
B.Sunda
08.50-09.30
IPA
B.Indonesia
Olahraga
Kesenian
B.Inggris
B.Indonesia
09.30-10.10
IPA
B.Indonesia
Olahraga
Kesenian
B.Inggris
B.Indonesia
10.10-10.40
IS
TI
RA
H
A
T
10.40-11.20
IPS
IPA
KTK
PAI

Olahraga
11.20-12.00
IPS
IPA
KTK
PAI

Olahraga
12.00-12.40
IPS


PAI










Struktur Organisasi Komite SDN 3 Cilampunghilir


Ketua                           : Drs.H. Nanang Mamar M.Pd

Wakil ketua                 :  Akos

Sekretaris                     : Ma’mun

Bendahara                   : Atik Martika

                        Komisi-komisi

Pemberi pertimbangan : Kh. Aam Ambari

Pendukung                   : A. Khodir

Pengontrol                    : A. Ipin Z.A

Mediator                      : A.H. Burhanudin BA





                                                                        Tasikmalaya,       Mei 2009

                                                            Kepala Sekolah SDN 3 Cilampunghilir




                                                                        Hj. Sri Mulyati
                                                                        --------------------
                                                                        NIP: 130831464













Denah SDN 3 Cilampunghilir





Ruang kelas
V





Taman









Pesawahan


Ruang kelas
VI








Ruang
Kantor



Ruang kelas
IV

Ruang kelas
III

Ruang kelas
II

Ruang kelas
I
Wc
Wc
Wc















Tempat
Parkir





Lapangan

>>>>>>>>> 
>>Sungai>>
>>>>>>>> 

jembatan
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> 
>>>>>>>>>>>>>>>>>Sungai>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>> 


jalan







Struktur Organisasi SDN 3 Cilampunghilir




Kepala Sekolah


Hj.Sri Mulyati S.Pd


Komite



Guru


Kelas

I

Dede Nendah

II
Irma Indrianti

III
Susi Usdekawati

Agama
Ma’mun

ORAay Rahmayasari

IV

Lilis Suryani

V
Wiwi Winarni

VI
Atik Martika

Sukwan

Irma Indrianti
Lia Susilawati
Ai Desi Sugianti

murid

mummum








MAKALAH
PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SDN 3 CILAMPUNGHILIR
KEC. PADAKEMBANG KAB TASIKMALAYA

Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah
Pengelolaan Pendidikan

Dosen : Drs. Khodijah










oleh :
Denirin Yudantara
0703330
2 E

PROGRAM S1-PGSD
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS TASIKMALAYA
2009
Kata Pengantar

            Puji beserta syukur kita diucapkan ke khadirat Allah S.W.T, berkat rahmat dan hidayahnya kita masih berbuat sesuatu yang bermanfaat, diantaranya penulis dapat menyelesaikan makalah sebagai tugas akhir semester mata kuliah Pengelolaan Pendidikan ini.
            Ucapan terimakasih di haturkan kepada semua pihak yang telah membantu, diantaranya orang tua, teman, pihak sekolah, dosen yang selalu memberikan bantuannya, semoga itu dapat dijadikan sebagai amal baik bagi kita semua,amin.
            Penulis menyadari kurangnya pengetahuan yang dimil;iki, saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan untuk perbaikan dalam penulisan-penulisan selajutnya.
            Mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis umumnya bagi kita semua.


Tasikmalaya,     Mei 2009


                                                                                         Penulis









i

Daftar Isi

Kata Pengantar................................................................................................. i
Daptar Isi.......................................................................................................... ii

Bab I. Pendahuluan.......................................................................................... 1
a.   Latar Belakang Masalah................................................................. 1
b.   Tujuan Penulisan Makalah.............................................................. 1
Bab II. Pembahasan Masalah........................................................................... 2
a.  Pengelolaan Kepemimpinan di SDN 3 Cilampunghilir................... 2
b.  Pengelolaan kurikulum dan Pembelajaran di SDN 3
     Cilampunghilir................................................................................. 2
c.  Pengelolaan Peserta didik di SDN 3 Cilampunghilir....................... 2
d.  Pengelolaan Personil di SDN 3 Cilampunghilir.............................. 2
e.  Pengelolaan Sarana dan Prasarana di SDN 3 Cilampunghilir.......... 3
f.   Pengelolaan Keuangan di SDN 3 Cilampunghilir........................... 4
g.  Pengelolaan hubungan Sekolah dan Masyarakat di SDN 3 
     Cilampunghilir................................................................................. 4
h.  Pengelolaan Supervisi di SDN 3 Cilampunghilir............................. 4
Bab III. Analisis SWOT................................................................................... 5
a.  Strength (kekuatan)......................................................................... 5
b.  Weakness (kelemahan).................................................................... 5
c.  Opportunity (peluang)..................................................................... 5
d.  Treats (ancaman)............................................................................. 5
Bab IV. Kesimpulan dan Rekomendasi........................................................... 6
a.  Kesimpulan...................................................................................... 6
b.  Rekomendasi................................................................................... 6
Daptar Pustaka................................................................................................. 7
Lampiran-lampiran

ii

Daptar Pustaka

Tilaar. 1992 Manajemen Pendidikan Nasional Kajian Masa Depan. PT. Remaja Rosda Karya : Bandung.

Tim Dosen Pengdik. 2009. Pengelolaan Pendidikan. UPI : Tasikmalaya