Bab I
Pendahuluan
a. Latar Belakang Masalah
Pengelolaan pendidikan merupakan suatu proses penggunaan dumber daya pendidikan demi tercapainya tujuan pendidikan secara optimal, efisien dan epektif, dengan melibatkan siswa, guru, kurikulum, sarana, linkungan, dan proses belajar mengajar.
Peran semua pihak agar dalam pelaksanaan tugasnya berjalan dengan baik, dituntut memilikiwawasann mengenai pendidikan dasar, pengambangan kurikulum, ssarana prasarana, administeasi, supre visi pendidikan dan kepemimpinsn di sekolah.
- Tujuan Penulisan Makalah
Ada beberapa tujuan dari penulisan makalah ini, diantaranya:
1.memenuhi salah satu tugas mata kuliah pengelolaan pendidikan
2. memahami pelaksanaan berbagai komponen dalam proses pendidikan,terutama di SDN 3 Cilampunghilir.
Bab II
Pembahasan Makalah
a. Pengelolaan Kepemimpinan di SDN 3 Cilampunghilir
Pengelolaan kepemimpinan sudah cukup baik, tipe yang di terapkan termasuk ke dalam tipa demokratis, dimana adanya kerjasama antara kepala sekolah dangan guru-guru dalam menghadapi suatu permasalahan dan selalu dengan musyawarah.
b. Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran di SDN 3 Cilampunghilir
Kurikulum yang digunakan adalah tingkat satuan pendidikan (KTSP). KTSP berorientasi pada perubahan prilaku pembelajaran,guna meningkatkan kreativitas siswwa dalam pencapaian kompetensi yang harus dikuasai.
Di kelas rendah (kelas 1,2,3) menggunakan pembelajaran tematik,yaitu pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman bermakna kapada siswa. Sedang di kelas tinggi (4,5,6) menggunakan pembelajaran mata pelajran.
c. Pengelolaan Peserta Didik di SDN 3 Cilampunghilir
1. Penerimaaan peserta didik. ada ketentuan atau kebijakan system penerimaan, prosedur dan kriteria yang diajukan dalam menerima peserta didik baru, baik itu penerimaan kelas 1 di awal tahunpelajaran maupun dalam menerima siswa pindahan dari SD yang lain.
2. Orientasi Peserta didik baru berupa pengenalan lingkungan sekolah termasuk personil-personil sekolah yang terdapat didalamnya.
3. evaluasi pserta didik berupa pelaksanaan ulangan harian, ulangan umum, semeater dan ujian akhir.
4. mengatur kenaikan kelas, mutasi pserta didik, dan layanan bimbingan bagi pserta didik yang membutuhkan.
d. Pengelolaan Personil di SDN 3 Cilampunghilir
Kepala sekolah dan guru0guru mempunyai tugas masing-masing. Kepala sekolah sebagai pemimpan bertanggungjawab atas semua kegiatan penyelengaraan pendidikan di sekolah, dan guru-guru bertanggungjawab atas semua pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di kela
Personil yang ada di SDN 3 Cilampunghilir
no
|
Nama personil
|
NIP
|
jabatan
|
1
|
Hj.Sri Mulyati S.Pd
|
130831464
|
Kepala Sekolah
|
2
|
Dede Nendah
|
130724997
|
Guru kelas
|
3
|
Atik Martika
|
130950049
|
Guru kelas
|
4
|
Ma’mun
|
131364513
|
Guru PAI
|
5
|
Susi Usdekawati
|
130831386
|
Guru kelas
|
6
|
Teti Sumaryati
|
131012940
|
Guru kelas
|
7
|
Aay Rahmayasari
|
131724823
|
Guru OR
|
8
|
Wiwi Winarni
|
132013408
|
Guru kelas
|
9
|
Lilis Suryani
|
480196278
|
Guru kelas
|
10
|
Irma Indrianti
|
-
|
Sukwan
|
11
|
Lia Susilawati
|
-
|
Sukwan
|
12
|
Ai Desi Sugianti
|
-
|
Sukwan
|
e. Pengelolaan Sarana dan Prasarana di SDN 3 Cilampunghilir
SArana dan prasarana pendidikan sangat menunjang dalam pelaksanaan proses pendidikan. Di SDN 3 Cilampunghilir sarana dan prasarana sudah cukup memadai ditambah lagi sudah ada renovasi dan tambahan fasilitas sekolah dari DAK (Dana Alokasi Kerusakan).
Bangunan yang ada di SDN 3 Cilampunghilir
1. Ruang kantor sekolah
2. ruang belajar
3. ruang perpustakaan
4. wc
5. mushola
Sarana dan Prasarana
1. meja murid
|
: 72 buah
|
2. kursi murid
|
: 144 buah
|
3. meja guru
|
: 12 buah
|
4. kursi guru
|
: 12 buah
|
5. papan tulis
|
: 6 buah
|
6. kursi tamu
|
: 1 buah
|
7. lemari
|
: 12 buah
|
Pemeliharaan bangunan, sarana dan prasarana sudah dilaksanakan dengan cukup baik, terutama dari warga sekolah dan kerjasama dari masyarakat
f. Pengelolaan Keuangan di SDN 3 Cilampunghiklir
bandahara sekolah yang mengerjakan tentang keuangan di sekolah yaitu Ibu Atik Martika yang memegang dana BOS, sedangkan Ibu Wiwi Winarni yang memegang keuangan tabungan. Guru kelas mengurus admistrasi tabungan siswa, setelah itu diserahkan kepada bendahara.
g. Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat di SDN 3 Cilampunghilir
Hubungan sekolah dengan masyarakat berjalan dengan baik, adanya koordinasi pihak sekolah, komite, guru serta orang tua siswa dalam menjalin hubungan dan mempermudah mengatasi masalah dalam ,enemukan penyelesaiannya. Selain itu, adanya kunjungan guru ke rumah orang tua siswa.
h. Pengelolaan Supervisi Pendidikan di SDN 3 Cilampunghilir
Suoervisi pendidikan\merupakan suatu bantuan atau layanan dalam bidang pendidikan yang bertujuan membantu meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar guru di kelasnya.
Kepala sekolah melaksanakan supervisi diantaranya melaksanakan kunjungan kelas secara tidak terencana untuk mengetahui gmbaran tentang kegiatan belajar mengajar di kelas, adanya pertemuan kepala sekolah dengan guru-guru untuk mmbahas permasalahan, serta adanya pertemuan di kelompok kerja guru (KKG) yang dilaksanakan secara rutin setiap 2 minggu sekali untuk memmbicarakan kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam pembelajaran.
Bab III
Analisis SWOT SDN 3Cilampunghilir
a. Strength (kekuatan)
Bangunan sekolah yang baru direnovasi serta sarana dan prasarana yang memadai menunjang dalam pembelajaran, letak strategis yang berada di pinggir jalan serta mudahnya alat transportasi memudahkan dijangkaunya oleh siswa dan guru dapat dijadikan suatu kekuatan di sekolah ini,ditambah lagi adanya koordinasi yang baik antara ppihak sekolah, komite, serta masyarakat dapat memperlancar dalam kegiatan pendidikan.
b. Weakness (kelemahan)
Tidak adanya penjaga sekolah menjadikan kurangnya kebersihan dan keamanan, sehingga memerlukan partisipasi dengan warga sekitar sekolah.
Adanya guru yang kurang disiplin juga memungkinkan adanya kelemahan di sekolah.
c. Opportunity (peluang)
Letak sekolah yang strategis memudahkan dalam menerima informasi-informasi dari luar, serta warga pun banyak yang mendaftarkan anaknya ke sekolah ini.
Adanya kegiatan ekstrakulikuler seperti kegiatan pramuka dapat meningkatkan minat dan bakat siswa.
d. Treats (ancaman)
Tidak adanya penjaga sekolah dapat menyebabkan terancamnya keamanan sekolah. Letak sekolah yang di pinggir jalan serta melewati dulu sebuah jembatan menimbulkan beberapa ancaman diantaranya bagi keselamatan siswa, serta cukup terganggunya pengajaran akibat folusi dan suara bising kendaraan yang datang dari luar.
Bab IV
Kesimpulan dan Rekomendasi
a. Kesimpulan
Setiap sekolah mimilki kekuatan, kelemahan,peluang, serta ancaman nya masing-masing dalam mengelola kegiatan pendidikannya. Di SDN 3 Cilampunghilir umpamanya terdapat hal-hal tersebut. Hal demikian tentu saja membutuhkan peran serta dari semua pihak terutama warga sekolah.
b. Rekomendasi
Yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama : Hj. Sri Mulyati
NIP : 130831464
Jabatan : kepala Sekolah
Menyatakan bahwa,
Nama : Denirin Yudantara
NIM : 0703330
Jurusan : S1 PGSD
Telah melaksanakan observasi untuk mengerjakan tugas mata kuliah Pengelolaan Pendidikan di SDN 3 Cilampunghilir,semoga lembaran ini dapat digunakan sebagai mana mestinya.
Tasikmalaya, Mei 2009
Kepala Sekolah SDN 3 Cilampunghilir
Hj. Sri Mulyati
--------------------
NIP: 130831464
Daftar Pelajaran SDN 3 Cilampunghilir
Kelas
|
Alokasi waktu
| |
I
|
Pendekakatan Tematik
|
28
|
II
|
29
| |
III
|
30
|
Kelas IV :
Waktu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
07.30-08.10
|
Matematika
|
B.Indonesia
|
IPA
|
IPS
|
B.Inggris
|
B.Indonesia
|
08.10-08.50
|
Matematika
|
B.Indonesia
|
IPA
|
IPS
|
B.Inggris
|
B.Indonesia
|
08.50-09.30
|
B.Indonesia
|
IPA
|
Matematika
|
Matematika
|
Olahraga
|
PAI
|
09.30-10.10
|
B.Indonesia
|
IPA
|
Matematika
|
Matematika
|
Olahraga
|
PAI
|
10.10-10.40
|
IS
|
TI
|
RA
|
H
|
A
|
T
|
10.40-11.20
|
IPS
|
KTK
|
PKn
|
B.Sunda
|
Olahraga
|
PAI
|
11.20-12.00
|
IPS
|
PKn
|
PKn
|
B.Sunda
|
Kesenian
| |
12.00-12.40
|
PS
|
PKn
|
Kesenian
|
Kelas V :
Waktu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
07.30-08.10
|
IPA
|
Matematika
|
Matematika
|
PKn
|
PAI
|
Olahraga
|
08.10-08.50
|
IPA
|
Matematika
|
Matematika
|
PKn
|
PAI
|
Olahraga
|
08.50-09.30
|
B.Indonesia
|
Olahraga
|
B.Indonesia
|
B.Indonesia
|
PAI
|
B.Sunda
|
09.30-10.10
|
B.Indonesia
|
Olahraga
|
B.Indonesia
|
B.Indonesia
|
ISTIRAHAT
|
B.Sunda
|
10.10-10.40
|
IS
|
TI
|
RA
|
HAT
|
B.Inggris
| |
10.40-11.20
|
Matematika
|
SBK
|
IPA
|
IPS
|
B.Inggris
| |
11.20-12.00
|
Matematika
|
SBK
|
IPA
|
IPS
| ||
12.00-12.40
|
Matematika
|
SBK
|
IPA
|
IPS
|
Kelas VI :
Waktu
|
Senin
|
Selasa
|
Rabu
|
Kamis
|
Jum’at
|
Sabtu
|
07.30-08.10
|
PKn
|
Matematika
|
B.Indonesia
|
Matematika
|
Matematika
|
B.Sunda
|
08.10-08.50
|
PKn
|
Matematika
|
B.Indonesia
|
Matematika
|
Matematika
|
B.Sunda
|
08.50-09.30
|
IPA
|
B.Indonesia
|
Olahraga
|
Kesenian
|
B.Inggris
|
B.Indonesia
|
09.30-10.10
|
IPA
|
B.Indonesia
|
Olahraga
|
Kesenian
|
B.Inggris
|
B.Indonesia
|
10.10-10.40
|
IS
|
TI
|
RA
|
H
|
A
|
T
|
10.40-11.20
|
IPS
|
IPA
|
KTK
|
PAI
|
Olahraga
| |
11.20-12.00
|
IPS
|
IPA
|
KTK
|
PAI
|
Olahraga
| |
12.00-12.40
|
IPS
|
PAI
|
Struktur Organisasi Komite SDN 3 Cilampunghilir
Ketua : Drs.H. Nanang Mamar M.Pd
Wakil ketua : Akos
Sekretaris : Ma’mun
Bendahara : Atik Martika
Komisi-komisi
Pemberi pertimbangan : Kh. Aam Ambari
Pendukung : A. Khodir
Pengontrol : A. Ipin Z.A
Mediator : A.H. Burhanudin BA
Tasikmalaya, Mei 2009
Kepala Sekolah SDN 3 Cilampunghilir
Hj. Sri Mulyati
--------------------
NIP: 130831464
Denah SDN 3 Cilampunghilir
Ruang kelas
V
|
Taman
|
Pesawahan
| |||||||||
Ruang kelas
VI
| |||||||||||
Ruang
Kantor
|
Ruang kelas
IV
|
Ruang kelas
III
|
Ruang kelas
II
|
Ruang kelas
I
|
| ||||||
Tempat
Parkir
|
Lapangan
|
>>>>>>>>>
>>Sungai>>
>>>>>>>>
|
jembatan
|
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>>>>>>>>>Sungai>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>
|
jalan
|
Struktur Organisasi SDN 3 Cilampunghilir
Kepala Sekolah
Hj.Sri Mulyati S.Pd
|
Komite
|
Guru
|
Kelas
|
I
Dede Nendah |
II
Irma Indrianti
|
III
Susi Usdekawati
|
Agama
Ma’mun
|
ORAay Rahmayasari
|
IV
Lilis Suryani
|
V
Wiwi Winarni
|
VI
Atik Martika
|
Sukwan
|
murid
|
mummum
MAKALAH
PENGELOLAAN PENDIDIKAN DI SDN 3 CILAMPUNGHILIR
KEC. PADAKEMBANG KAB TASIKMALAYA
Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah
Pengelolaan Pendidikan
Dosen : Drs. Khodijah
oleh :
Denirin Yudantara
0703330
2 E
PROGRAM S1-PGSD
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
KAMPUS TASIKMALAYA
2009
Kata Pengantar
Puji beserta syukur kita diucapkan ke khadirat Allah S.W.T, berkat rahmat dan hidayahnya kita masih berbuat sesuatu yang bermanfaat, diantaranya penulis dapat menyelesaikan makalah sebagai tugas akhir semester mata kuliah Pengelolaan Pendidikan ini.
Ucapan terimakasih di haturkan kepada semua pihak yang telah membantu, diantaranya orang tua, teman, pihak sekolah, dosen yang selalu memberikan bantuannya, semoga itu dapat dijadikan sebagai amal baik bagi kita semua,amin.
Penulis menyadari kurangnya pengetahuan yang dimil;iki, saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan untuk perbaikan dalam penulisan-penulisan selajutnya.
Mudah-mudahan makalah ini dapat bermanfaat khususnya bagi penulis umumnya bagi kita semua.
Tasikmalaya, Mei 2009
Penulis
i
|
Daftar Isi
Kata Pengantar................................................................................................. i
Daptar Isi.......................................................................................................... ii
Bab I. Pendahuluan.......................................................................................... 1
a. Latar Belakang Masalah................................................................. 1
b. Tujuan Penulisan Makalah.............................................................. 1
Bab II. Pembahasan Masalah........................................................................... 2
a. Pengelolaan Kepemimpinan di SDN 3 Cilampunghilir................... 2
b. Pengelolaan kurikulum dan Pembelajaran di SDN 3
Cilampunghilir................................................................................. 2
c. Pengelolaan Peserta didik di SDN 3 Cilampunghilir....................... 2
d. Pengelolaan Personil di SDN 3 Cilampunghilir.............................. 2
e. Pengelolaan Sarana dan Prasarana di SDN 3 Cilampunghilir.......... 3
f. Pengelolaan Keuangan di SDN 3 Cilampunghilir........................... 4
g. Pengelolaan hubungan Sekolah dan Masyarakat di SDN 3
Cilampunghilir................................................................................. 4
h. Pengelolaan Supervisi di SDN 3 Cilampunghilir............................. 4
Bab III. Analisis SWOT................................................................................... 5
a. Strength (kekuatan)......................................................................... 5
b. Weakness (kelemahan).................................................................... 5
c. Opportunity (peluang)..................................................................... 5
d. Treats (ancaman)............................................................................. 5
Bab IV. Kesimpulan dan Rekomendasi........................................................... 6
a. Kesimpulan...................................................................................... 6
b. Rekomendasi................................................................................... 6
Daptar Pustaka................................................................................................. 7
Lampiran-lampiran
ii
|
Daptar Pustaka
Tilaar. 1992 Manajemen Pendidikan Nasional Kajian Masa Depan. PT. Remaja Rosda Karya : Bandung.
Tim Dosen Pengdik. 2009. Pengelolaan Pendidikan. UPI : Tasikmalaya