FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR
DI DESA SINDANGRAJA KECAMATAN JAMANIS
KABUPATEN TASIKMALAYA
(Sebuah Penelitian Tindakan Kelas Pada
Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas V SDN 8 Kawunglarang,
Kecamatan Rancah,
Oleh:
ZAKI ALMUSTOFA
ABSTRAK SKRIPSI 2015
Penelitian ini dilator belakangi oleh karena guru dipandang sebagai
pendidik merupakan tenaga profesional yang bertugas merencanakan dan
melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan
bimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada
masyarakat, terutama bagi pendidik di perguruan tinggi. Mengacu pada hal
tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “faktor-faktor apa
saja yang mempengaruhi profesionalisme
guru sekolah dasar di Desa Sindangraja Kecamatan Jamanis Kabupaten Ciamis”.
Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan bukti–bukti
empirik tentang faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi profesionalisme guru
Sekolah Dasar yang ada di Desa Sindangraja Kecamatan Jamanis. Adapun manfaat
dari penelitian ini diharapakan dapat membantu seorang guru dalam memahami
profesinya sebagai pendidik di sekolah, pembimbing di rumah dan di lingkungan
masyarakat.
Kajian pustaka yang mendasari penelitian ini
meliputi: pengertian dan ciri profesi, profesi keguruan dan guru profesional,
syarat profesi guru, guru dalam proses pembelajaran, guru dalam lingkungan
sekolah dan guru dalam lingkungan sosial masyarakat.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif dengan pendekatan survey. Populasi dalam peneitian ini adalah
seluruh guru sekolah dasar yang ada di SDN 1 dan 2 Sindangraja Kecamatan Jamanis.
Alat pengmpul data yang digunakan yaitu berupa angket. Prosedur dan
teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif
secara kuantitatif berupa persentase dan dinarasikan secara kualitatif.
Hasil dari penelitian ini yaitu Terdapat 84 % guru di SDN 1 dan 2 Sindangraja
yang profesionalismenya dipengaruhi oleh faktor kompetensi
profesional guru; Terdapat 92 % guru di SDN 1 dan 2 Sindangraja
yang profesionalismenya dipengaruhi oleh faktor proses
pembelajaran; Terdapat 96 % guru di SDN 1 dan 2 Sindangraja
yang profesionalismenya dipengaruhi oleh faktor lingkungan
sekolah; Terdapat 48 % guru di SDN 1 dan 2 Sindangraja
yang profesionalismenya dipengaruhi oleh faktor lingkungan
masyarakat.
Agar menjadi
guru yang profesional tinggi, para
guru diharapkan memperhatikan berbagai faktor yang bersumber pada komponen kompetensi
profesional guru, proses pembelajaran guru, faktor lingkungan sekolah dan
faktor lingkungan masyarakat.