SURAT LAMARAN KERJA - Salah satu persyaratan dalam melamar pekerjaan diantaranya adalah surat lamaran kerja.
Dalam sebuah surat lamaran kerja biasanya berisi harapan pelamar untuk
bisa diterima bekerja pada posisi yang diharapkan dalam sebuah
perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran yang baik dan benar
tentunya akan menjadikan perusahaan tertarik mengetahui diri kita lebih
dalam. Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar?
Yaitu dengan menggunakan tata bahasa dan penulisan yang baik dan benar
juga ditulis dengan "simple" dan mudah difahami. Bagi rekan-rekan
lulusan SMA/SMK atau kuliahan yang sedang mencari referensi mengenai
contoh dan tata cara penulisan surat lamaran, berikut ulasannya
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik dan Benar
Sebuah surat lamaran kerja tidak serta merta asal membuatnya tetapi
harus memperhatikan format, maupun tata cara penggunaan bahasa beserta
kesiapan surat pendukung lainnya agar menjadi lebih lancar, maka dari
itu sebelum membuat surat lamaran kerja tersebut perlulah mempersiapkan
dan memperhatikan kriteria seperti di bawah ini :
1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.
2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.
3. Usahakan menulis manual dengan rapi
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.
4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan
5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda
1. Pergunakan bahasa yang baik dan benar
Susun kalimat - kalimat surat lamaran kerja dengan baik dan benar jangan menggunakan bahasa gaul yang tidak patut dicantumkan.
2. Tulislah dengan kalimat yang sopan
Jangan lupa menggunakan kalimat yang sopan, dan jangan menggunakan kalimat yang terkesan menyombongkan diri.
3. Usahakan menulis manual dengan rapi
Hingga saat ini masih banyak perusahaan yang lebih menyukai surat lamaran kerja yang ditulis dengan manual menggunakan ballpoint, karena akan mudah menilai kepribadian seseorang dari hasil tulisan tangannya sendiri. Upayakan agar tidak kotor dan corat-coret tulisan anda.
4. Siapkan dan lengkapi syarat-syarat dari perusahaan
Jangan lupa melengkapi surat-surat yang dibutuhkan ataupun disyaratkan dari peusahaan
5. Lampirkan sertifikat pendukung lainnya
Jika ada sertifikat lain boleh saja ikut dilampirkan untuk menambahkan kriteria kemampuan anda, sehingga pihak HRD lebih mempertimbangkan anda
Cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar
Bagaimanakah cara membuat surat lamaran kerja yang benar?
sebenarnya membuat surat lamaran kerja tidak sesulit yang dibayangkan,
hanya saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan dimana surat lamaran
kerja hendaknya memiliki struktur berikut di bawah ini
1.Tempat dan tanggal penulisan
2.Perusahaan yang ditujukan
3.Salam hormat
4.Kata pengantar
5.Biodata pribadi
6.Pengalaman kerja dan skill
7.Harapan
8.Penutup
Tips menulis surat lamaran kerja online
Semua dokumen yang menjadi persyaratan lamaran kerja, di scan terlebih dahulu menjadi file gambar atau dokumen;
Harap
diperhatikan ukuran file dari semua dokumen yang telah dipersiapkan,
biasanya perusahaan memberikan batasan maksimal file yang akan
dilampirkan kedalam email dan biasanya tidak lebih dari 1 MB, silakan
baca artikel mengenai cara memperkecil ukuran foto dan dokumen untuk
menghindari hal tersebut;
Meskipun
kita akan meng-compress file dan gambar kedalam ukuran yang lebih
kecil, usahakan agar kualitas gambar tetap baik dan tidak menjadi buram
sehingga akan susah dibaca.
![]() |
CONTOH SURAT LAMARAN KERJA YANG BAIK DAN BENAR
Kepada
Yth : Kepala
Bagian Personalia
Di
Tempat
Dengan hormat
Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama :
DELAN FRIANSYAH
Tempat, tanggal Lahir :
Tasikmalaya, 16 Desember 1987
Pendidikan terakhir :
SMK MJPS 1 Tasikmalaya
Jurusan Teknik Mesin Otomotif
Alamat :
Kp, Nagrak Rt/Rw 01/09 Desa.Sindangraja Kec.jamanis
Kabupaten.
Tasikmalaya 46175
Telepon :
087885003653
Dengan ini saya mengajukan lamaran pekerjaan di
Perusahan bapak / ibu pimpin
Sebagai pertimbangan bersama ini saya lampirkan
1.
Phas foto
2.
Photo copy KTP
3.
Photo copy Keterangan Kesehatan
4.
Photo copy Ijazah Terakhir
5.
Photo copy Transkrip Nilai
6.
Photo copy Kartu Tanda Pencarian Kerja
7.
Photo copy Catatan Kepolisian (SKCK)
Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat
Atas pertimbangan dan perhatianya
saya ucapkan
Terimakasih
Hormat
saya
DELAN FRIANSYAH
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Bahwa yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Delan
Friansyah
Umur : 25 Tahun
Tempat tanggal lahir :
Tasikmalaya,16 Desember 1987
Bangsa :
Indonesia
Alamat : Kp, Nagrak
Rt/Rw 01/09 Desa.Sindangraja Kec. Jamanis
Kabupaten Tasikmalaya 46175
Menerangkan dengan
sesungguhnya
RIWAYAT PENDIDIKAN
1.
Tamatan MI Cibitung Tasikmalaya Tahun
2000
2.
Tamtan MTS Ceberekah Tahun 2003
3.
Tamatan SMK MJPS Tahun 2006
PENGALAM PEKERJAAN
1. Bekerja di PT. ORINS Dari Tahun 2011 s/d Tahun 2012
Demikian daftar riwayat hidup ini saya uat dengn sebenernya
Saya yang bersangkutan
Delan Friansyah
Sekian Artikel Surat Lamaran Kerja semoga bermanfaat dan menambah wawasan sahabat semua.Terimakasih
Baca Juga : Soal Psikotes