SILABI MATA KULIAH
Nama
Mata Kuliah : Teori
Komunikasi
Kode
Mata Kuliah : PNF204
SKS : 2 (dua) SKS, Teori 2
SKS , Praktik 0.
Dosen : Mulyadi, M.Pd dan S.Wisni Septiarti
Program
Studi : Pendidikan Luar Sekolah
Prasyarat : -
Waktu
Perkuliahan : 16 x 100 menit
Deskripsi
Mata Kuliah :
Mata kuliah ini dirancang untuk membangun pemahaman
mahasiswa tentang menuliskan identitas
rencana pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar yang akan dikuasai
peserta didik, memilih materi pokok pembelajaran, strategi pembelajaran,
alokasi waktu, sumber bahan, indikator pencapaian, dan teknik penilaian yang
dilakukan. Metode perkuliahan dilakukan dengan tatap muka, pengalaman lapangan
dan refleksi pengalaman lapangan yang berbasis pada pengalaman dan pemecahan
masalah. Materi perkuliah Teori Komunikasi meliputi; 1) Pengertian
Komunikasi, 2) Fungsi-fungsi komunikasi,
3) Unsur-unsur komunikasi, 4) Model-model komunikasi, 5) Komunikasi secara lisan dan mendengarkan, 6) Komunikasi secara tertulis dan membaca, 7) Komunikasi interpersonal, 8) Komunikasi massa, 9) Pengertian media komunikasi dalam
pendidikan, 10) Manfaat media komunikasi dalam pendidikan, dan 11) Pemanfaatan media komunikasi dalam pendidikanh
wajib tempuh dengan bobot 2 sks. Matakuliah ini n konsep dasar, pengertian dan
prinsip manemen fasilitas pendidikan serta peranannya
Uraian Pokok Bahasan
Tiap Pertemuan
Pertemuan
|
Tujuan
Perkuliahan
|
Pokok
Bahasan/Sub Pokok Bahasan
|
Ke-1
|
Memahami
prosedur perkuliahan dan tata tertib
|
Kontrak Belajar
1.
Silabus
2.
SAP
|
Ke-2
|
mampu
merumuskan pengertian komunikasi
pendidikan
|
Pengertian Komunikasi
|
Ke-3
|
mampu
menunjukkan fungsi-fungsi komunikasi pendidikan
|
Fungsi-Fungsi Komunikasi
|
Ke-4
|
mampu menjelaskan unsur-unsur komunikasi
|
Unsur-unsur komunikasi
|
Ke-5 dan ke 6
|
mampu memPraktikkan
model-model proses komunikasi
|
Model-model proses komunikasi
|
Ke-7 dan 8
|
mampu menyampaikan dan menerima pesan secara lisan dan mendengarkan
|
Komunikasi secara lisan dan mendengarkan
|
Ke-9
|
Mengetahui
kemampuan dan penguasaan mahasiswa
terhadap materi pembelajaran
|
Mide Semester
|
Ke-10 dan 11
|
mampu menyampaikan dan menerima pesan secara tertulis
dengan sistematis
|
Komunikasi tertulis dengan sistematis
|
Ke-12
|
mampu menerapkan komunikasi interpersonal
dengan baik.
|
Komunikasi interpersonal
|
Ke-13
|
mampu menjelaskan komunikasi massa dalam
pendidikan
|
Komunikasi
massa dalam pendidikan
|
Ke-14
|
mampu menjelaskan pengertian media komunikasi dalam
pendidikan
|
Media
Komunikasi dalam Pendidikan
|
Ke-15 dan 16
|
mampu memanfaatkan media komunikasi dalam pendidikan
|
Pemanfaatan Media Komunikasi dalam pendidikan
|
|
Ujian Semester
|
1.
|
|
|
2.
|
Evaluasi Hasil
Belajar :
a. Tagihan
Jenis tagihan yang diprogramkan dalam
perkuliahan ini meliputi: Pertanyaan
lisan, Tugas Individu, tugas kelompok
dan laporan Kerja Praktik.
b.
Bentuk Instrumen
Instrumen yang digunakan untuk mengukur
tingkat penguasaan kompetensi dasar dilakukan melalui unjuk kerja dengan
bobot sebagai berikut:
No
|
Jenis
Kegiatan
|
Bobot
|
1
|
Kehadiran
|
Persyaratan
ujian 75 % kehadiran
|
2
|
Presentasi
dan Diskusi
|
45
%
|
3
|
Tugas-tugas
|
25
%
|
4
|
Ujian
Semester
|
30
%
|
Jumlah
|
100
%
|
Daftar
Literatur/Referensi
Depari, Eduard dan Collin
MacAndrews. 1986. Peranan Komunikasi
Masssa Dalam Pembangunan. Yogyakarta: Gajah Mada Press
Devito, yoseph A. 1989. The Interpersonal Communication Book, 5th Ed.
New York:Harper & Eaw Publishers
Sudarwan Danim. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta:
Bumi Aksara
Umar Suwito. 1992. Komunikasi Untuk Pembangungan. Jakarta:
Dirjen Dikti Depdikbud
Media Komunikasi Pustekkom
Literatur
tambahan
WWW. Depdiknas-pustekkom.ac,id
Dosen dapat dihubungi di:
- Jurusan PLS FIP UNY