TEORI KOMUNIKASI


SILABI MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah            :  Teori Komunikasi
Kode Mata Kuliah             :  PNF204
SKS                                   :  2 (dua) SKS,  Teori 2 SKS , Praktik 0.
Dosen                                :  Mulyadi, M.Pd  dan S.Wisni Septiarti
Program Studi                   :  Pendidikan Luar Sekolah
Prasyarat                          : -
Waktu Perkuliahan           :  16 x 100 menit

Deskripsi Mata Kuliah          :
               Mata kuliah ini dirancang untuk membangun pemahaman mahasiswa tentang menuliskan  identitas rencana pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar yang akan dikuasai peserta didik, memilih materi pokok pembelajaran, strategi pembelajaran, alokasi waktu, sumber bahan, indikator pencapaian, dan teknik penilaian yang dilakukan. Metode perkuliahan dilakukan dengan tatap muka, pengalaman lapangan dan refleksi pengalaman lapangan yang berbasis pada pengalaman dan pemecahan masalah. Materi perkuliah Teori Komunikasi meliputi; 1) Pengertian Komunikasi,  2) Fungsi-fungsi komunikasi, 3) Unsur-unsur komunikasi, 4) Model-model komunikasi, 5) Komunikasi secara lisan dan mendengarkan, 6) Komunikasi secara tertulis dan membaca, 7) Komunikasi interpersonal, 8) Komunikasi massa, 9) Pengertian  media komunikasi dalam pendidikan, 10) Manfaat media komunikasi dalam pendidikan, dan 11) Pemanfaatan media komunikasi dalam pendidikanh wajib tempuh dengan bobot 2 sks. Matakuliah ini n konsep dasar, pengertian dan prinsip manemen fasilitas pendidikan serta peranannya

Uraian Pokok Bahasan Tiap Pertemuan

Pertemuan
Tujuan Perkuliahan
Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan
Ke-1
Memahami prosedur perkuliahan dan tata tertib
Kontrak Belajar
1.        Silabus
2.        SAP

Ke-2
mampu merumuskan pengertian komunikasi  pendidikan
Pengertian Komunikasi
Ke-3

mampu menunjukkan fungsi-fungsi komunikasi pendidikan

Fungsi-Fungsi Komunikasi
Ke-4
mampu menjelaskan unsur-unsur komunikasi
Unsur-unsur komunikasi
Ke-5 dan ke 6
mampu memPraktikkan model-model proses komunikasi
Model-model proses komunikasi
Ke-7 dan 8
mampu menyampaikan dan menerima pesan secara lisan dan mendengarkan
Komunikasi secara lisan dan mendengarkan
Ke-9
Mengetahui kemampuan dan penguasaan  mahasiswa terhadap materi pembelajaran  
Mide Semester
Ke-10 dan 11
mampu menyampaikan dan menerima pesan secara tertulis dengan sistematis
Komunikasi tertulis dengan sistematis
Ke-12
mampu menerapkan komunikasi interpersonal  dengan baik. 

Komunikasi interpersonal
Ke-13
mampu menjelaskan komunikasi massa dalam  pendidikan

Komunikasi massa dalam pendidikan
Ke-14
mampu menjelaskan pengertian media komunikasi dalam pendidikan
Media Komunikasi dalam Pendidikan
Ke-15 dan 16
mampu memanfaatkan media komunikasi dalam pendidikan
Pemanfaatan Media Komunikasi dalam pendidikan

Ujian Semester
1.     


2.     

Evaluasi Hasil Belajar   :
a. Tagihan
Jenis tagihan yang diprogramkan dalam perkuliahan ini  meliputi: Pertanyaan lisan, Tugas Individu, tugas kelompok  dan laporan Kerja Praktik.
b.  Bentuk Instrumen
Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi dasar dilakukan melalui unjuk kerja dengan bobot  sebagai berikut:
     
No
Jenis Kegiatan
Bobot
1
Kehadiran
Persyaratan ujian 75 % kehadiran
2
Presentasi dan Diskusi
45 %
3
Tugas-tugas
25 %
4
Ujian Semester
30 %
Jumlah
100 %

                                                                                
Daftar Literatur/Referensi
    Depari, Eduard dan Collin MacAndrews. 1986. Peranan Komunikasi Masssa Dalam Pembangunan. Yogyakarta: Gajah Mada Press
    Devito, yoseph A. 1989.  The Interpersonal Communication Book, 5th Ed. New York:Harper & Eaw Publishers
    Sudarwan Danim. 1995. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
    Umar Suwito. 1992. Komunikasi Untuk Pembangungan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud
                                      Media Komunikasi Pustekkom
           


Literatur tambahan
WWW. Depdiknas-pustekkom.ac,id

Dosen dapat dihubungi di:

  1. Jurusan  PLS FIP UNY
  2.