ABSTRAK
SKRIPSI FAKULTAS PENDIDIKAN
RINI ANDRIANI. 2009. Hubungan antara Pengetahuan dengan Kepedulian terhadap Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas III SDN Darmajaya (Studi Korelasi pada Profil Pendidikan Lingkungan Hidup di SDN Darmajaya Kawalu Kota Tasikmalaya). Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya.
Belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku berdasarkan pengalaman atau latihan. Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan oleh setiap manusia selama hidupnya. Belajar bukanlah hanya mengumpulkan atau mengahafalkan fakta-fakta yang tersaji dalam bentuk informasi dari materi pelajaran. Akan tetapi, belajar merupakan tahapan perubahan tingkah laku yang berlangsung secara meningkat.
Sejalan dengan tujuan pendidikan, bahwa hasil belajar sarat dengan pembentukan sikap. Hal tersebut memberikan kontribusi yang besar terhadap peranan siswa dalam menghadapi dan menjalankan kehidupan di lingkungannya sebagai bagian yang tidak terpisahkan dengan dirinya.
Kepedulian siswa terhadap lingkungan masih dikatakatakan rendah. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih rendahnya kesadaran siswa terhadap lingkungan yang menimbulkan beberapa gangguan terhadap lingkungan. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurangnya pengetahuan mengenai lingkungan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara pengetahuan dengan kepedulian terhadap lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Darmajaya Kawalu Kota Tasikmalaya dengan populasi seluruh kelas III yang berjumlah 35 orang yang sekaligus dijadikan sampel penelitian (total sampling).
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif berupa studi korelasi. Teknik pengambilan data menggunakan data deskriptif berupa angket dan data kuantitatif berupa tes dan pedoman observasi. Analisis data deskriptif (angket) menggunakan Skala Likert. Data kuantitatif yang diperoleh diolah menggunakan rumus korelasi product moment menurut Suharsimi Arikunto (2005 : 72 ).
Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan koefisien korelasi (r) = 0,86 dan berada pada interval koefisien korelasi 0,80 – 1,000 yang berarti terletak dalam kategori korelasi yang sangat kuat. Karena Fhitung = 94,15 > Ftabel = 4,15 maka hipotesis penelitian ini diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara pengetahuan (variabel X) dengan kepedulian siswa terhadap lingkungan sekolah (variabel Y).
ABSTRAK
SKRIPSI FAKULTAS PENDIDIKAN