B A B - I
P E N D A H U L U A N
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan suatu upaya yang dilakukanuntuk meningkatkan kualitas hidup, baik secara individual maupun dalam hidup bermasyarakat kita harus memiliki rasa saling menghormati dan menghargai, karena terdiri dari berbagai individu yang berbeda, apalagi negara Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi yang sangat besardengan berbagai perbedaan strata sosial, ras, suku, agama, dan kebudayaan. Semua itu perlu dipelajari, dimengerti, dan disadari, sehingga tumbuh rasa persatuan, patriotisme, nasionalisme, dan etos kerja.
Pada hakikatnya manusia itu selain sebagai mahluk individu yang harus mengenal dirinya juga sebagai mahluk sosial yaitu harus mampu hidup berinteraksi dngen manusia lainnya yakni dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk mempelajari hal tersebut telah dirangkum dalam materi pelajaran yakni Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah perpaduan dari pilihan konsep ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, geografi, ekonomi, antropologi, budaya dsb. Yang diperuntukan sebagai pembelajaran pada tingkat persekolahan, ada juga yang menjelaskan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial adalah pembelajaran ilmu sosial yang disederhanakan untuk pembelajaran pada tingkat persekolahan. Untuk dapat melakasanakan pembelajaran IPS yang efektif sangat penting untuk mengetahui perjalanan belajar siswa usia muda. Siswa usia muda memiliki rasa ingin tahu yang alami tentang lingkungan alam dan lingkungan sosial mereka.
Mereka juga berinteraksi dan merupakan bagian dari berbagai kelompok termasuk keluarga, teman, masyarakat yang membawa berbagai pengalaman dan pengetahuan sekolah. Oleh sebab itu maka pelajaran IPS sangat penting dan merupakan suatu pendekatan terhadap hal-hal yang berkenaan dengan manusia masyarakat serta lingkungannya.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah diantaranya:
a. Bagaimana untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di SD?
b. Bagaimana meningkatkan kualitas Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial di SD dilihat dari segi ekonomi?
c. Bagaimana meningkatkan kualitas Pendidikan Ilmu pengetahuan Sosial di SD dilihat dari segi sejarah?
d. Bagaimana meningkatkan kualitas Pendidikan Ilmu pengetahua Sosial di SD dilihat dari segi geograpi?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini adalah:
a. Meningkatkan pemahaman tentang penntingnya pendidikan IPS di SD.
b. Menambah pengetahuan dan wawasan dalam meningkatkan kualitas PIPS di SD.
c. Memiliki sikap tanggung jawab terhadap keberhasilan pendidikan PIPS di SD.
B A B - II
P E M B A H A S A N
P E N D A H U L U A N
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan suatu upaya yang dilakukanuntuk meningkatkan kualitas hidup, baik secara individual maupun dalam hidup bermasyarakat kita harus memiliki rasa saling menghormati dan menghargai, karena terdiri dari berbagai individu yang berbeda, apalagi negara Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi yang sangat besardengan berbagai perbedaan strata sosial, ras, suku, agama, dan kebudayaan. Semua itu perlu dipelajari, dimengerti, dan disadari, sehingga tumbuh rasa persatuan, patriotisme, nasionalisme, dan etos kerja.
Pada hakikatnya manusia itu selain sebagai mahluk individu yang harus mengenal dirinya juga sebagai mahluk sosial yaitu harus mampu hidup berinteraksi dngen manusia lainnya yakni dalam kehidupan bermasyarakat. Untuk mempelajari hal tersebut telah dirangkum dalam materi pelajaran yakni Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).
Ilmu Pengetahuan Sosial adalah perpaduan dari pilihan konsep ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, geografi, ekonomi, antropologi, budaya dsb. Yang diperuntukan sebagai pembelajaran pada tingkat persekolahan, ada juga yang menjelaskan bahwa Ilmu Pengetahuan Sosial adalah pembelajaran ilmu sosial yang disederhanakan untuk pembelajaran pada tingkat persekolahan. Untuk dapat melakasanakan pembelajaran IPS yang efektif sangat penting untuk mengetahui perjalanan belajar siswa usia muda. Siswa usia muda memiliki rasa ingin tahu yang alami tentang lingkungan alam dan lingkungan sosial mereka.
Mereka juga berinteraksi dan merupakan bagian dari berbagai kelompok termasuk keluarga, teman, masyarakat yang membawa berbagai pengalaman dan pengetahuan sekolah. Oleh sebab itu maka pelajaran IPS sangat penting dan merupakan suatu pendekatan terhadap hal-hal yang berkenaan dengan manusia masyarakat serta lingkungannya.
B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah diantaranya:
a. Bagaimana untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di SD?
b. Bagaimana meningkatkan kualitas Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial di SD dilihat dari segi ekonomi?
c. Bagaimana meningkatkan kualitas Pendidikan Ilmu pengetahuan Sosial di SD dilihat dari segi sejarah?
d. Bagaimana meningkatkan kualitas Pendidikan Ilmu pengetahua Sosial di SD dilihat dari segi geograpi?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan makalah ini adalah:
a. Meningkatkan pemahaman tentang penntingnya pendidikan IPS di SD.
b. Menambah pengetahuan dan wawasan dalam meningkatkan kualitas PIPS di SD.
c. Memiliki sikap tanggung jawab terhadap keberhasilan pendidikan PIPS di SD.
B A B - II
P E M B A H A S A N
A. Kualitas Pendidikan IPS di SD
Perkembangan zaman dan teknologi sekarang ini harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pendidikan, untuk mengatasi hal itu maka sangat penting adanya suatu pembelajaran yang mengarah kepada masalah itu adalah Ilmu Pengetahuan Sosial.
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang mengajarkan pada siswa agar mereka mengenal fenomena-fenomena sosial, mulai dari yang dekat dengan lingkungannya sampai dengan fenomena dunia yang sangat luas. Dalam kurikulum 2006 Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan pada standar kompetensi dan kompotensi dasar yang dinamakan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sebagai berikut: ”Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disusun secara sistematis, komperhensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewassaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendapat pada bidang ilmu yang berkaitan”. Ilmu Pengetahuan Sosial pada dasaranya merupakan kajian mengenai manusia dan dunia sekelilingnya tentang hubungan antara manusia dalam kehidupan nyata.
Kajian IPS bukan hanya mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan manusia saja, melainkan juga tentang tindakan-tindakan empatik yang melahirkan pengetahuan tersebut. mutu pendidikan selalu dipandang dari satu sisi, yaitu kemampuan guru dilapangan waktu melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas, latarbelakang serta faktor-faktor lainyang mempengaruhi proses belajar mengajar cenderung terabaikan dalam konteks pembahasan mengenai pendidikan. Selain itu umumnya mutu pendidikan diukur hanya menekankan pada hasil belajar yang diperoleh melalui evaluasi dan mengabaikan proses belajar padahal proses belajar merupakan inti pendidikan. Dengan mengindahkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar maka tujuan pembelajaan akan tercapai.termasuk di dalamnya cara belajar sisa dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS).
Berbagai usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas pendidikan, sehubungan dengan hal tesebut berbagai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkannya, antaralain; penyusuaian kurikulum, penggunaan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, pemanfaatan media, sarana dan prasarana yang tersedia, serta berbagai cera lain yang dianggap dapata meningkatkan kualitas pendidikan.
Pemanfaatan media pembelajaran hendaknya diupayakan secara maksimal sesuai dengan media yang tersedia. Berbagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS, misalnya; media grafis maupun media yang digerakan secara mekanik dan elektronik. Guru dituntut kemampuan untuk menggunakan sekaligus memenfaatkan dimaksud, kemampuan guru dalam menggunakan media tersebut berupa kemempuan guru untuk mengeteahui arti dan fungsi suatu media, mengenal sebanyak mungkin media yang dapat dipergunakan dalam pembelajaran, dapat memilih media yang tepat, mampu menggunakan dan menyampan sekaligus memeliharanya.
Perencanaan program media dilaksanakan secara sistematis berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa serta diarahkan kepada perubahan tingkahlaku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Guru IPS harus mempunyai aktivitas yang mampu mendayagunakan tenaga dan pikiran untuk memajukan siswa dalam memperoleh hasil belajar secara optimal. Dengan demikian aktivitas guru IPS dalam pembelajaran diupayakan mampu memanfaatkan media pembelajaran serta menyediakan dan mengadakan media tersebut secara maksimal. Oleh sebab itu maka aktivitas guru dalam memenfaatkan media pembelajaran semakin diperlukan,aktivitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran tidak terbatas pada penggunaan media yang tersedia saja melainkan guru berusaha untuk menyediakan media yang belum ada,agar proses pembelajaran IPS dapat lebih meningkat, selain itu juga harus bisa menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak.
B. Pendidikan IPS di SD Dilihat Dari Segi Ekonomi
Dilihat dari segi ekonnomi kualitas pendidikan IPS akan sangat meningkat, karena ilmu ekonomi merupakan salah satu disiplin ilmu sosial. Ilmu sosial mempelajari kehidupan dan prilaku masyarakat manusia. sebagaimana ilmu sosial yang lain, subjek ilmu ekonomi adalah manusia itu sendiri, serta barang dan jasa yang terlibat didalam kegiatan perekonomian, misalnya toko, perusahaan, lembaga keuangan, sedangkan objek ilmu ekonomi adalah cara-cara serta tindakan-tindakan yang ditempuh oleh manusia didalam mengalokasikan sumber-sumber yang ada. Sumber-sumber alam di dunia ini semakin berkurang atau terbatas tetapi kebutuhan manusia tidak pernah berkurang, bahkan terus bertambah, sehingga manusia harus menggunakan dan memanfaatkan sumber-sumber alam tersebut sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Dilihat dari fungsinya ilmu ekonomi merupakan ilmu yang dapat menyempurnakan dan bertugas untuk makin menyempurnakan dan menjaga kelangsungan hidup serta mengambangkan ilmumitu sendiri. Secara teoritis ilmu ekonomi memberikan kerangka-kerangka yang disederhanakan mengenai bekerjanya sebuah perekonomia serta hal penting lainya.untuk itu maka sangatlah jelas bahwa dilihat dari segi ekonomi kualitas pendidikan IPS di SD dapat meningkat.
C. Pendidikan IPS di SD Dilihat Dari Segi Sejarah.
Salah satu ilmu yang menjadi bagian dari IPS adalah sejarah. Dalam proses pembelajaran sejarah, siswa perlu dilatih memahaami peristiwa atau kejadian agar dapat mengenal peristiwa atau kejadian yang muncul dalam kehidupan sehari-hari, agar siswa merasa tertarik dan menyenangi terhadap pelajaran sejarah.
Untuk melakukan hal ini memang tidak mudah dan memerlukan ketermpilan khusus yang harus dimiliki oleh guru untuk membangkitkan semangat siswa dalam proses pembelajaran, adapun tujuan dari pendidikan IPS itu, diantaranya menjadi warga negara yang baik dan mampu memiliki keterampilan sosial.salah satu conto bahwa anak memiliki keterampilan sosial yaitu memecahkan permassalahan sosial yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari dilingkungannya dengan melihat dari berbagai aspek secara komperhensip dan bisa lebih bijaksana dalam memutuskan segala hal.
Dalam pembelajaran sejarah hal tersebut sudah sudah terbiasa ketika membahas suatu peristiwa melihat dari berbagai aspek tidak hanya satu disiplin ilmu saja.dengan adanya pembelajaran sejarah bisa diketahui peristiwa masa lampau dan bisa memiliki rasa kesadaran sejarah dengan mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah dan mampu mengembangkanya.
Dilihat dari segi sejarah pembelajaran tertentu akan lebih meningkatkan kualitas pendidikan, sebab sejarah mempelajari dan mengenal akan identitas diri dan bangsanya karena pengalaman hidup akan mempengaruhi keoribadiannya. Belajar sejarah bukanlah hanya belajar fakta-fakta masa lalu yang tidak ada manfaat atau kaitanya dengan masa kini dan masa mendatang bagi kehidupan manusia. Pendidikan sejarah mempunyai peranan yang sangat strategis, dengan mengerti perkembangan masa lampau sesuatu masalah masa kini kita dapat lebih mengerti implikasinya.
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPS khususnya dalam bidang sejarah ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya; bahan ajar atau materi yang dipelajari terdiri dari peristiwa-peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau yang dapat diartikan sebagai sejarah, mengandalkan dokumen, buku dan narasi lain sebagai sumber data dalam study sejarah,menggunakan metoda yang khusus dikembangkan untuk merekontruksi peristiwa-peristiwa masa lampau,dan dengan menggunakan metoda pembelajaran yang khusus.
D. Pendidikan IPS di SD Dilihat Dari Segi Geografi.
Selain dilihat dari segi ekonomi dan sejarah peningkatan kualitas PIPS di SD juga dapat dilihat dari segi geograpi. Geografi merupakan suatu ilmu bukan sekedar deskripsi waktu dengan metoda waktu tertentu. Geografi juga merupakan pendeskripsian apa yang dijumpai dipermukaan bumi dan menjelaskan hubungan kausal, baik yang bersifat matematika,fisika, maupun kemikal,baik gejala dan proses alam maupun gejala dan proses kehidupan.geografi mempelajari hubungan timbal balik atau interaksi antara gejala geosfer satudengan lainya sebagai komponen-komponen dalan sistem lingkungan, baik dalam konteks keruangan maupun dalam konteks kewilayahan.
Dengan mempelajari geografi maka secara otomatis dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mengenai ciri-ciri wilayah dan tempat dari kejadian yang ada, mengetahui interelasi diantara daerah yang berbeda, manivestasi yang bervariasi atau keanekaragaman, dan melihat muka bumi sebagai kesluruhan.sehingga timbul kesadaran untuk dapat mengembangkan potensi yang ada di alam ini dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu guru harus bisa membimbing siswa dan menyelesaikan dengan tujuan yang diharapkan. Perkembangan IPTEK telah menciptakan geografi moderndengan menggunakan statistik dan metoda kuantitatif dalam penelitiannya bahkan dalam mengumpulkan data menggunakan alat bantu yaitu foto udara, foto satelit dan komputer.oleh karena itu kreatifitas guru sangat menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran.
E. Solusi Untuk Meningkatkan Kualitas PIPS Di SD
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPS di SD banyak yang harus dilakukan terutama dari segi kreatifitas yang dilakukan oleh pengajar selain kompetensi anak juga sangat mendukung terhadap peningkatan kualitas pendidikan IPS di SD.
Berbagai usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas pendidikan, sehubungan dengan hal tesebut berbagai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkannya, antaralain; penyusuaian kurikulum, penggunaan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, pemanfaatan media, sarana dan prasarana yang tersedia, serta berbagai cera lain yang dianggap dapata meningkatkan kualitas pendidikan.
Memanfaatan media pembelajaran hendaknya diupayakan secara maksimal sesuai dengan media yang tersedia. Berbagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS, misalnya; media grafis maupun media yang digerakan secara mekanik dan elektronik. Guru dituntut kemampuan untuk menggunakan sekaligus memenfaatkan dimaksud, kemampuan guru dalam menggunakan media tersebut berupa kemempuan guru untuk mengeteahui arti dan fungsi suatu media, mengenal sebanyak mungkin media yang dapat dipergunakan dalam pembelajaran, dapat memilih media yang tepat, mampu menggunakan dan menyampan sekaligus memeliharanya.
Perencanaan program media dilaksanakan secara sistematis berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa serta diarahkan kepada perubahan tingkahlaku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Guru IPS harus mempunyai aktivitas yang mampu mendayagunakan tenaga dan pikiran untuk memajukan siswa dalam memperoleh hasil belajar secara optimal. Dengan demikian aktivitas guru IPS dalam pembelajaran diupayakan mampu memanfaatkan media pembelajaran serta menyediakan dan mengadakan media tersebut secara maksimal. Oleh sebab itu maka aktivitas guru dalam memenfaatkan media pembelajaran semakin diperlukan,aktivitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran tidak terbatas pada penggunaan media yang tersedia saja melainkan guru berusaha untuk menyediakan media yang belum ada,agar proses pembelajaran IPS dapat lebih meningkat, selain itu juga harus bisa menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak.
BA B - III
P E N U T U P
A. Kesimpulan
Kemajuan zaman dan teknologi harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pendidikan, kualitas Sumber Daya Manusia juga sangat diperlukan agar era globalisasi seperti sekarang ini bisa dihadapi sesuai dengan perkembangan zaman.
ntuk bisa mengatasi hal itu diperlukan pendidikan yang optimal yang perlu dididik sejak dini khususnya pada tingkat Sekolah Dasar karena mereka akan menghadapi hidup bermasyarakat yang dituntut untuk saling menghormati dan menghargai. Untuk itu pembelajaran IPS sangat diperlukan, kulitas pendidikan itu bisa diukur dari kemampuan guru dilapangandiantaranya bagaimana dia menggunakan dan media yang sesuai dengan perkembangan anak, oleh karena itu guru IPS harus mempunyai aktivitas dan kreativitas yang mampu mendayagunakan tenaga dan pikiran untuk memajukan sistem dalam memperoleh hasil belajar yang optimal dan bisa memanfaatkan media pembelajaran.
B. Saran
Adapun saran yang disampaikan dari makalah ini diantaranya:
a. Kemampuan anak dalam kualitas pembelajaran khususnya di tingkat SD sangat ditentukan oleh kemampuan guru,untuk itu guru harus mampu mengembangkan kreatifitas agar pembelajara semakin berkualitas.
b. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaranguru harus bisa menggunakan media dan metode yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.
DAFTAR PUSTAKA
Ernawati.(2007). Resume Hakikat Pembelajaran IPS dan Hakikat Penilaian Hasil Belajar IPS. Tasikmalaya : UPI PGSD.
Samion.(2006). Hubungan Pemanfaatan Media dengan Hasil Belajar IPS Siswa di MI. Bandung : University Press UPI.
Tim Dosen PGSD. (2005). Bahan Ajar Pendidikan IPS SD. Tasikmalaya : PGSD UPI.
Tim Dosen MK.(2008). Buku Ajar Pengembangan Pendidikan IPS SD. Tasikmalaya : PGSD UPI.
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan ke dzt illahi robbi, yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis alhamdulillah dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Meningkatkan Kualitas Pendidikan IPS Di Sekolah Dasar”.
Dalam penulisan makalah ini, penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung oleh karena itu penulis penulis menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya, kepada kepada yang telah membantu, terutama kepada yang terhormat Dra. Momoh Halimah, S.Pd sebagai dosen mata kuliah pendidikan IPS.
Penulis sangat menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan, karena itu penulis selalu harapkan kritik dan saran dari berbagai pihak demi penyempurnaan selanjutnya dengan harapan proposal ini bermanfaat baik bagi penulis maupun yang membacanya.
Tasikmalaya Juni 2008
Penulis
Perkembangan zaman dan teknologi sekarang ini harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pendidikan, untuk mengatasi hal itu maka sangat penting adanya suatu pembelajaran yang mengarah kepada masalah itu adalah Ilmu Pengetahuan Sosial.
Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang mengajarkan pada siswa agar mereka mengenal fenomena-fenomena sosial, mulai dari yang dekat dengan lingkungannya sampai dengan fenomena dunia yang sangat luas. Dalam kurikulum 2006 Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan pada standar kompetensi dan kompotensi dasar yang dinamakan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sebagai berikut: ”Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial disusun secara sistematis, komperhensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewassaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan pendekatan tersebut diharapkan peserta didik akan memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendapat pada bidang ilmu yang berkaitan”. Ilmu Pengetahuan Sosial pada dasaranya merupakan kajian mengenai manusia dan dunia sekelilingnya tentang hubungan antara manusia dalam kehidupan nyata.
Kajian IPS bukan hanya mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan manusia saja, melainkan juga tentang tindakan-tindakan empatik yang melahirkan pengetahuan tersebut. mutu pendidikan selalu dipandang dari satu sisi, yaitu kemampuan guru dilapangan waktu melaksanakan proses belajar mengajar di dalam kelas, latarbelakang serta faktor-faktor lainyang mempengaruhi proses belajar mengajar cenderung terabaikan dalam konteks pembahasan mengenai pendidikan. Selain itu umumnya mutu pendidikan diukur hanya menekankan pada hasil belajar yang diperoleh melalui evaluasi dan mengabaikan proses belajar padahal proses belajar merupakan inti pendidikan. Dengan mengindahkan faktor-faktor yang mempengaruhi proses belajar maka tujuan pembelajaan akan tercapai.termasuk di dalamnya cara belajar sisa dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS).
Berbagai usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas pendidikan, sehubungan dengan hal tesebut berbagai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkannya, antaralain; penyusuaian kurikulum, penggunaan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, pemanfaatan media, sarana dan prasarana yang tersedia, serta berbagai cera lain yang dianggap dapata meningkatkan kualitas pendidikan.
Pemanfaatan media pembelajaran hendaknya diupayakan secara maksimal sesuai dengan media yang tersedia. Berbagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS, misalnya; media grafis maupun media yang digerakan secara mekanik dan elektronik. Guru dituntut kemampuan untuk menggunakan sekaligus memenfaatkan dimaksud, kemampuan guru dalam menggunakan media tersebut berupa kemempuan guru untuk mengeteahui arti dan fungsi suatu media, mengenal sebanyak mungkin media yang dapat dipergunakan dalam pembelajaran, dapat memilih media yang tepat, mampu menggunakan dan menyampan sekaligus memeliharanya.
Perencanaan program media dilaksanakan secara sistematis berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa serta diarahkan kepada perubahan tingkahlaku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Guru IPS harus mempunyai aktivitas yang mampu mendayagunakan tenaga dan pikiran untuk memajukan siswa dalam memperoleh hasil belajar secara optimal. Dengan demikian aktivitas guru IPS dalam pembelajaran diupayakan mampu memanfaatkan media pembelajaran serta menyediakan dan mengadakan media tersebut secara maksimal. Oleh sebab itu maka aktivitas guru dalam memenfaatkan media pembelajaran semakin diperlukan,aktivitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran tidak terbatas pada penggunaan media yang tersedia saja melainkan guru berusaha untuk menyediakan media yang belum ada,agar proses pembelajaran IPS dapat lebih meningkat, selain itu juga harus bisa menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak.
B. Pendidikan IPS di SD Dilihat Dari Segi Ekonomi
Dilihat dari segi ekonnomi kualitas pendidikan IPS akan sangat meningkat, karena ilmu ekonomi merupakan salah satu disiplin ilmu sosial. Ilmu sosial mempelajari kehidupan dan prilaku masyarakat manusia. sebagaimana ilmu sosial yang lain, subjek ilmu ekonomi adalah manusia itu sendiri, serta barang dan jasa yang terlibat didalam kegiatan perekonomian, misalnya toko, perusahaan, lembaga keuangan, sedangkan objek ilmu ekonomi adalah cara-cara serta tindakan-tindakan yang ditempuh oleh manusia didalam mengalokasikan sumber-sumber yang ada. Sumber-sumber alam di dunia ini semakin berkurang atau terbatas tetapi kebutuhan manusia tidak pernah berkurang, bahkan terus bertambah, sehingga manusia harus menggunakan dan memanfaatkan sumber-sumber alam tersebut sebaik-baiknya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Dilihat dari fungsinya ilmu ekonomi merupakan ilmu yang dapat menyempurnakan dan bertugas untuk makin menyempurnakan dan menjaga kelangsungan hidup serta mengambangkan ilmumitu sendiri. Secara teoritis ilmu ekonomi memberikan kerangka-kerangka yang disederhanakan mengenai bekerjanya sebuah perekonomia serta hal penting lainya.untuk itu maka sangatlah jelas bahwa dilihat dari segi ekonomi kualitas pendidikan IPS di SD dapat meningkat.
C. Pendidikan IPS di SD Dilihat Dari Segi Sejarah.
Salah satu ilmu yang menjadi bagian dari IPS adalah sejarah. Dalam proses pembelajaran sejarah, siswa perlu dilatih memahaami peristiwa atau kejadian agar dapat mengenal peristiwa atau kejadian yang muncul dalam kehidupan sehari-hari, agar siswa merasa tertarik dan menyenangi terhadap pelajaran sejarah.
Untuk melakukan hal ini memang tidak mudah dan memerlukan ketermpilan khusus yang harus dimiliki oleh guru untuk membangkitkan semangat siswa dalam proses pembelajaran, adapun tujuan dari pendidikan IPS itu, diantaranya menjadi warga negara yang baik dan mampu memiliki keterampilan sosial.salah satu conto bahwa anak memiliki keterampilan sosial yaitu memecahkan permassalahan sosial yang dihadapinya dalam kehidupan sehari-hari dilingkungannya dengan melihat dari berbagai aspek secara komperhensip dan bisa lebih bijaksana dalam memutuskan segala hal.
Dalam pembelajaran sejarah hal tersebut sudah sudah terbiasa ketika membahas suatu peristiwa melihat dari berbagai aspek tidak hanya satu disiplin ilmu saja.dengan adanya pembelajaran sejarah bisa diketahui peristiwa masa lampau dan bisa memiliki rasa kesadaran sejarah dengan mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah dan mampu mengembangkanya.
Dilihat dari segi sejarah pembelajaran tertentu akan lebih meningkatkan kualitas pendidikan, sebab sejarah mempelajari dan mengenal akan identitas diri dan bangsanya karena pengalaman hidup akan mempengaruhi keoribadiannya. Belajar sejarah bukanlah hanya belajar fakta-fakta masa lalu yang tidak ada manfaat atau kaitanya dengan masa kini dan masa mendatang bagi kehidupan manusia. Pendidikan sejarah mempunyai peranan yang sangat strategis, dengan mengerti perkembangan masa lampau sesuatu masalah masa kini kita dapat lebih mengerti implikasinya.
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPS khususnya dalam bidang sejarah ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya; bahan ajar atau materi yang dipelajari terdiri dari peristiwa-peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau yang dapat diartikan sebagai sejarah, mengandalkan dokumen, buku dan narasi lain sebagai sumber data dalam study sejarah,menggunakan metoda yang khusus dikembangkan untuk merekontruksi peristiwa-peristiwa masa lampau,dan dengan menggunakan metoda pembelajaran yang khusus.
D. Pendidikan IPS di SD Dilihat Dari Segi Geografi.
Selain dilihat dari segi ekonomi dan sejarah peningkatan kualitas PIPS di SD juga dapat dilihat dari segi geograpi. Geografi merupakan suatu ilmu bukan sekedar deskripsi waktu dengan metoda waktu tertentu. Geografi juga merupakan pendeskripsian apa yang dijumpai dipermukaan bumi dan menjelaskan hubungan kausal, baik yang bersifat matematika,fisika, maupun kemikal,baik gejala dan proses alam maupun gejala dan proses kehidupan.geografi mempelajari hubungan timbal balik atau interaksi antara gejala geosfer satudengan lainya sebagai komponen-komponen dalan sistem lingkungan, baik dalam konteks keruangan maupun dalam konteks kewilayahan.
Dengan mempelajari geografi maka secara otomatis dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mengenai ciri-ciri wilayah dan tempat dari kejadian yang ada, mengetahui interelasi diantara daerah yang berbeda, manivestasi yang bervariasi atau keanekaragaman, dan melihat muka bumi sebagai kesluruhan.sehingga timbul kesadaran untuk dapat mengembangkan potensi yang ada di alam ini dan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu guru harus bisa membimbing siswa dan menyelesaikan dengan tujuan yang diharapkan. Perkembangan IPTEK telah menciptakan geografi moderndengan menggunakan statistik dan metoda kuantitatif dalam penelitiannya bahkan dalam mengumpulkan data menggunakan alat bantu yaitu foto udara, foto satelit dan komputer.oleh karena itu kreatifitas guru sangat menentukan terhadap keberhasilan pembelajaran.
E. Solusi Untuk Meningkatkan Kualitas PIPS Di SD
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan IPS di SD banyak yang harus dilakukan terutama dari segi kreatifitas yang dilakukan oleh pengajar selain kompetensi anak juga sangat mendukung terhadap peningkatan kualitas pendidikan IPS di SD.
Berbagai usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas pendidikan, sehubungan dengan hal tesebut berbagai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah untuk mewujudkannya, antaralain; penyusuaian kurikulum, penggunaan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan, pemanfaatan media, sarana dan prasarana yang tersedia, serta berbagai cera lain yang dianggap dapata meningkatkan kualitas pendidikan.
Memanfaatan media pembelajaran hendaknya diupayakan secara maksimal sesuai dengan media yang tersedia. Berbagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran IPS, misalnya; media grafis maupun media yang digerakan secara mekanik dan elektronik. Guru dituntut kemampuan untuk menggunakan sekaligus memenfaatkan dimaksud, kemampuan guru dalam menggunakan media tersebut berupa kemempuan guru untuk mengeteahui arti dan fungsi suatu media, mengenal sebanyak mungkin media yang dapat dipergunakan dalam pembelajaran, dapat memilih media yang tepat, mampu menggunakan dan menyampan sekaligus memeliharanya.
Perencanaan program media dilaksanakan secara sistematis berdasarkan kebutuhan dan karakteristik siswa serta diarahkan kepada perubahan tingkahlaku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Guru IPS harus mempunyai aktivitas yang mampu mendayagunakan tenaga dan pikiran untuk memajukan siswa dalam memperoleh hasil belajar secara optimal. Dengan demikian aktivitas guru IPS dalam pembelajaran diupayakan mampu memanfaatkan media pembelajaran serta menyediakan dan mengadakan media tersebut secara maksimal. Oleh sebab itu maka aktivitas guru dalam memenfaatkan media pembelajaran semakin diperlukan,aktivitas guru dalam memanfaatkan media pembelajaran tidak terbatas pada penggunaan media yang tersedia saja melainkan guru berusaha untuk menyediakan media yang belum ada,agar proses pembelajaran IPS dapat lebih meningkat, selain itu juga harus bisa menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan anak.
BA B - III
P E N U T U P
A. Kesimpulan
Kemajuan zaman dan teknologi harus diimbangi dengan peningkatan kualitas pendidikan, kualitas Sumber Daya Manusia juga sangat diperlukan agar era globalisasi seperti sekarang ini bisa dihadapi sesuai dengan perkembangan zaman.
ntuk bisa mengatasi hal itu diperlukan pendidikan yang optimal yang perlu dididik sejak dini khususnya pada tingkat Sekolah Dasar karena mereka akan menghadapi hidup bermasyarakat yang dituntut untuk saling menghormati dan menghargai. Untuk itu pembelajaran IPS sangat diperlukan, kulitas pendidikan itu bisa diukur dari kemampuan guru dilapangandiantaranya bagaimana dia menggunakan dan media yang sesuai dengan perkembangan anak, oleh karena itu guru IPS harus mempunyai aktivitas dan kreativitas yang mampu mendayagunakan tenaga dan pikiran untuk memajukan sistem dalam memperoleh hasil belajar yang optimal dan bisa memanfaatkan media pembelajaran.
B. Saran
Adapun saran yang disampaikan dari makalah ini diantaranya:
a. Kemampuan anak dalam kualitas pembelajaran khususnya di tingkat SD sangat ditentukan oleh kemampuan guru,untuk itu guru harus mampu mengembangkan kreatifitas agar pembelajara semakin berkualitas.
b. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaranguru harus bisa menggunakan media dan metode yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi.
DAFTAR PUSTAKA
Ernawati.(2007). Resume Hakikat Pembelajaran IPS dan Hakikat Penilaian Hasil Belajar IPS. Tasikmalaya : UPI PGSD.
Samion.(2006). Hubungan Pemanfaatan Media dengan Hasil Belajar IPS Siswa di MI. Bandung : University Press UPI.
Tim Dosen PGSD. (2005). Bahan Ajar Pendidikan IPS SD. Tasikmalaya : PGSD UPI.
Tim Dosen MK.(2008). Buku Ajar Pengembangan Pendidikan IPS SD. Tasikmalaya : PGSD UPI.
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan ke dzt illahi robbi, yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga penulis alhamdulillah dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Meningkatkan Kualitas Pendidikan IPS Di Sekolah Dasar”.
Dalam penulisan makalah ini, penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak, baik secara langsung maupun tidak langsung oleh karena itu penulis penulis menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya, kepada kepada yang telah membantu, terutama kepada yang terhormat Dra. Momoh Halimah, S.Pd sebagai dosen mata kuliah pendidikan IPS.
Penulis sangat menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan, karena itu penulis selalu harapkan kritik dan saran dari berbagai pihak demi penyempurnaan selanjutnya dengan harapan proposal ini bermanfaat baik bagi penulis maupun yang membacanya.
Tasikmalaya Juni 2008
Penulis