CONTOH MAKALAH FAKTOR PENYEB DAYA SUAI KURANG | CARA MENANGANI MASALAH DAYA SUAI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH ATAU TK |PIHAK PIHAK YANG MENANGANI MASALAH DAYA SUAI KURANG


BAB I
 PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
TK adalah dunia bermain bagi anak, oleh karena itu pendidikan di TK dilaksanakan dengan cara bermain. Kegiatan tersebut dapat memberikan pengalaman baru serta dapat mengenalkan anak kepada lingkungan dan teman barunya.
Menurut Studi Carsara dalam Prof. Dr. Conny R. Semiawan (1990:164). “Mengungkapkan bahwa disaat berinteraksi dengan kelompok teman sebaya, anak-anak prasekolah saling berbagi (sharing) dalam dua hal. Pertama adalah berupa partisipasi sosial, yakni keterlibatan anak dalam aktivitas bermain bersama atau berupaya mengikuti kegiatan kelompok yang sedang berlangsung. Kedua adalah berupa perlindungan terhadap kawasan pergaulan kelompoknya, yakni kecenderungan anak yang terlibat dalam kegiatan bermain yang sedang berlangsung untuk menolak gangguan dari anak lain yang tidak berpartisipasi.
Dalam kegiatan bermain kemampuan anak dalam berinteraksi dan beradaptasi dengan lingkungan berbeda-beda ada yang cepat beradaptasi ada juga yang lamban (Daya Suai Kurang). Menurut Hartup dalam Prof. Dr. Coony R. Semiawan (1992:163). “Dengan semakin bertambah usia, anak akan lebih banyak menggunakan waktu dengan teman sebayanya dibandingkan dengan orang tuanya.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
1.      Apa faktor penyebab daya suai kurang?
2.      Bagaimana cara menangani masalah daya suai kurang pada anak prasekolah atau TK?

C.    Tujuan    
Untuk memberikan wawasan pada guru dan orang tua dalam menangani masalah daya suai kuarng yang dialami anak usia prasekolah, agar dapat bergaul dan beradaptasi dengan baik di lingkungan rumah dan sekolah

BAB II
 KAJIAN TEORITIS

Daya suai anak berbeda-beda, ada anak yang cepat dalam penyesuaian dirinya dan ada pula yang lambat dalam arti memerlukan jangka waktu yang cukup lama beradaptasi atau disebut juga daya suai kurang. Anak yang mengalami daya suai kurang cenderung tidak mau bergaul atau beradaptasi dengan lingkungannya yang baru, karena bagi anak lingkungan yang baru merupakan ancaman baginya.
A.    Faktor Penyebab Daya Suai Kurang   
Daya suai kurang diakibatkan karena anak masih terbatas ruang lingkupnya, pergaulan dan sosialisasi anak terbatas pada situasi rumah dan sekolah. Apalagi sebelum anak memasuki lingkungan sekolah, orang tua kurang memberi kesempatan kepada anak untuk mengenal lingkungan luar rumah dan untuk bergaul dengan teman sebayanya atau sesusianya. Anak-anak yang mengalami daya suai kurang diakibatkan karena:
1.      Terlalu melindungi (Orang tua yang terlalu melindungi anak)
Orang tua yang terlalu sayang kepada anaknya berpendapat bahwa lingkungan di luar rumah akan berpengaruh buruk terdapat tingkah laku dan perkembangan anak. Sehingga orang tua tidak memberi kesempatan kepada anaknya untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungannya.
2.      Orang tua Kurang Mengadakan Hubungan Emosi yang Baik Hangat dengan Anak
Anak tidak dapat merasakan betapa senangnya berhubungan dengan orang lain dan betapa gembiranya bermain dengan orang lain. Anak akan merasakan senangnya bergaul, bila ia diberi kesempatan untuk bergaul. Anak harus diberi kesempatan untuk merasakan bagaimana senang dan tidaknya bergaul bersama temannya. Pengalaman yang diterimanya ini akan membuat anak mengetahui bagaimana cara bergaul yang baik, sehingga ia dapat diterima oleh kelompoknya.
3.      Mencemooh Anak
Orang tua dan guru yang baik bisa memahami bahwa setiap anak memiliki keadaan dan kesanggupan yang berbeda, sehingga guru tidak akan mencemooh anak, apalagi di depan teman-temanya. Guru harus mengetahui dimana letak perbedaan tersebut. Bila ada anak yang dianggap oleh guru mempunyai kekurangan sebaiknya guru memberikan bantuan. Bantuan diberikan dengan sabar dan penuh kasih sayang, sehingga anak merasakan adanya rasa aman. Anak yang selalu merasakan kasih sayang, kehangatan dan rasa aman akan dapat dengan mudah bergaul dengan anak.
Ciri-ciri anak yang mengalami daya suai kurang:
1.  Pemalu.
2.  Tidak mau bergaul dengan teman sebaya atau seusianya.
3.  Pasif.
4. Memilih rasa rendah diri
B.     Cara Menangani Masalah Daya Suai Kurang Pada Anak Usia Prasekolah atau TK
Agar permasalahan daya suai kurang dapat teratasi dengan baik, maka dibutuhkan kerja sama antara guru dan orang tua. Sikap pembebasan orang tua terhadap anaknya perlu dilakukan dengan tidak mempersempit ruang geraknya, karena sikap yang seperti itu akan menghambat perkembangan daya suainya.
Cara-cara yang tepat untuk menangani masalah dayai suai kurang melalui latihan dan pengkondisian. Anak diberi arahan dan bimbingan secara khusus dalam kegiatan belajar dan bermain, agar anak termotivasi untuk belajar secara kelompok dan bermain dengan temannya.
Cara yang dilakukan guru dalam menangani masalah daya suai kurang yang dialami anak TK

a.       Saran dan Nasehat
Sarana dan nasehat merupakan suatu cara yang dapat dilakukan oleh guru, untuk menangani masalah daya suai kurang dialami anak TK.
     Contoh:
      “Hilmi harus mau belajar bersama dengan teman, supaya Hilmi
      pintar”.     
b.      Dengan Cara Latihan
Latihan merupakan kegiatan yang sudah direncanakan dan kegiatan itu dilakukan secara berulang-ulang sampai tujuan yang kita harapkan tercapai. Latihan ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan rencana, karena latihan merupakan pengalaman bagi anak.
Contohnya:
·         Latihan mengerjakan tugas yang bersifat kelompok secara berulang-ulang, misalnya bermain balok, bermain peran.
·         Latihan mengikuti permainan-permainan dalam kegiatan motorik kasar misalnya, bermain ular-ularan lomba lari secara berulang-ulang.
c.        Pengkondisian
Pengkondisian adalah suatu cara mengubah prilaku yang tidak diinginkan dengan cara mencipatakan suatu keadaan (kondisi) tertentu. Kondisi tersebut dapat sengaja terjadi atau sengaja diciptakan misalnya:
·         Menyuruh anak lain untuk membujuk atau mengajak anak tersebut bermain bersama.
·         Menciptakan keadaan yang nyaman bagi anak baik di dalam atau ruang kelas, sehingga akan timbul rasa senang pada dirinya karena gurunya ikut berpartisifasi dalam kegiatan anak
C.    Pihak-pihak yang Menangani Masalah Daya Suai Kurang
 Dengan adanya kerja sama antara orang tua, guru dan rekan guru masaloah daya suai kurang yang dialami anak bisa teratasi.
1.      Orang Tua
Peranaan orang tua sangat penting untuk membantu mengatasi masalah daya suai kurang pada anak TK, karena orang tua yang paling bertanggungjawab dalam setiap aspek perkembangan anak. Lamanya anak berinteraksi di lingkungan rumah dibandingkan di lingkungan sekolah. Untuk mencapai perkembangan secara optimal  dan trhindar dari masalah daya suai kurang, orang tua harus memberikan kebebasan bergaul dan berinteraksi kepada anak.
2.      Guru
Guru kelas adalah guru yang mempunyai peranan penting dari setiap perkembangan anak baik dari segi kognitif, afektif dan pisikomotornya. Dalam masalah daya suai kurang yang dialami anak, guru kelas adalah orang tua pertama yang mengetahui masalah tersebut. Oleh karena itu, guru harus betul-betul berusaha mengatasi masalah daya suai kurang dengan memberikan motivasi dan dorongan kepada anak untuk dapat bergaul dengan lingkungan dan teman-temannya.
3.      Rekan Guru TK
 Permasalahan anak TK tidak hanya dapat diselesaikan oleh guru kelas saja melainkan perlu adanya bantuan dari guru lain, baik dari sekolah yang sama, maupun berlainan sekolah. Hal tersebut dapat menambah informasi yang berkaitan dengan permasalahan anak, sehingga guru mempunyai alternatif  baru seandainya usaha pertama yang dilakukan guru tidak berhasil 


BAB III
 PENUTUP

A.    Kesimpulan
 Daya suai kurang diakibatkan karena anak masih terbatasi ruang lingkupnya, pergaulan dan sosialisasi anak masih terbatas pada situasi rumah dan sekolah.
Daya suai kurang disebabkan karena adanya rasa kuarng percaya diri yang timbul pada diri anak, itu semua terjadi karena anak kurang diberi kesempatan untuk bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan yang baru seperti lingkungan rumah dan sekolah. Faktor-faktor penyebab daya suai kurang diakibatkan karena:
1.      Orang tua yang terlalu melindungi anak
Orang tua yang terlalu sayang kepada anaknya berpendapat bahwa lingkungan di luar rumah akan berpengaruh buruk terdapat tingkah laku dan perkembangan anak. Sehingga orang tua tidak memberi kesempatan kepada anaknya untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungannya.
2.      Orang tua kurang mengadakan hubungan emosi yang baik dengan anak.
Anak harus  diberi kesempatan untuk merasakan bagaimana senang dan tidaknya bergaul bersama temannya. Pengalaman yang diterimanya ini akan membuat anak mengetahui bagaimana cara bergaul yang baik, sehingga ia dapat diterima oleh kelompoknya.
3.      Mencemooh anak 
Orang tua dan guru yang baik bisa memahami bahwa setiap anak memiliki keadaan dan kesanggupan yang berbeda, sehingga guru tidak akan mencemooh anak, apalagi di depan teman-temanya. Guru harus mengetahui dimana letak perbedaan tersebut. Bila ada anak yang dianggap oleh guru mempunyai kekurangan sebaiknya guru memberikan bantuan. Bantuan diberikan dengan sabar dan penuh kasih sayang, sehingga anak merasakan adanya rasa aman. Anak yang selalu merasakan kasih sayang, kehangatan dan rasa aman akan dapat dengan mudah bergaul dengan anak lain.
Ciri-ciri anak yang mengalami daya suai kurang:
1.  Pemalu.
2.  Tidak mau bergaul dengan teman sebaya atau seusianya.
3.  Pasif.
4. Memilih rasa rendah diri.
Cara menangani masalah daya suai kurang yang dialami anak usia prasekolah atau TK adalah:
a.       Saran dan Nasehat
b.      Dengan Cara Latihan
c.       Pengkondisian
Pihak-pihak yang menangani masalah daya suai kurang pada anak TK, diantaranya:
1.      Orang Tua
2.      Guru
3.      Rekan Guru TK

B.     Saran       
Dengan penyusun makalah ini, diharapkan orang tua dan guru bisa lebih memperhatikan perkembangan soaialisasi anak. Oarng tua harus memberi kesempatan kepada anak untuk bergaul dan beradaptasi dengan lingkungan dan teman seusianya, agar anak terhindar dari masalah daya suai kurang.